Home » News » Menteri Susi : “Jangan Mentang-mentang Bule Boleh Ngomong Seenaknya sendiri”

Menteri Susi : “Jangan Mentang-mentang Bule Boleh Ngomong Seenaknya sendiri”



Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berencana untuk melayangkan surat protes kepada Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan sebuah pernyataan yang sempat dikeluarkan oleh ekpatriat AS yang dianggap merendahkan Indonesia.
Menteri Susi : "Jangan Mentang-mentang Bule Boleh Ngomong Seenaknya sendiri"
“Jangan mentang-mentang bule boleh omong sendiri, negeri kita punya aturan, punya kedaulatan. Kami akan melayangkan kekecewaan kepada perusahaan dan kepada pemerintah Amerika Serikat dalam hal ini kedutaan besar,” ujar Susi di Jakarta, Kamis (12/11/2015) lalu.

Menurut Susi, pernyataan tersebut dilontarkan oleh seorang ekspatriat dalam sebuah forum bisnis yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Inti pernyataan itu kurang lebih menyatakan bahwa pencurian ikan marak terjadi di Indonesia dikarenakan minimnya infrastruktur yang memadai untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

“Ucapannya ‘No one really got too upset because there was no processing in those areas’. Kalimat itu membuat saya sebagai pejabat negara tersinggung, tidak pantas buat seorang profesional asing,” sambung Susi.

“Hanya karena kita tidak punya infrastruktur, terus orang bisa melakukan illegal fishing di teritorial kita, masuk akal nggak? Tidak boleh itu. Saya anggap itu tidak pantas, dan saya menuntut permintaan maaf. Ini menyinggung bangsa Indonesia,” tandasnya lagi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)