Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Kecemasan Berlebihan Bisa Memicu Keinginan Bunuh Diri

Hati-hati, Kecemasan Berlebihan Bisa Memicu Keinginan Bunuh Diri



Jakarta – Problematika hidup yang pelik kerap kali membuat orang stres. Namun ada baiknya jika Anda bisa mengatasi stres agar tidak menimbulkan rasa cemas yang berlebih.

Hati-hati, Kecemasan Berlebihan Bisa Memicu Keinginan Bunuh Diri

Secara natural, setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan dan cara yang berbeda untuk mengendalikan stres ataupun rasa cemas. Karena jika tidak dikendalikan dengan baik, stres berlebih bisa berujung pada depresi. Efek samping dari depresi bisa menjadi berbahaya, mulai dari serangan jantung, hingga memicu keinginan untuk bunuh diri.

Menurut data dari Riskesdas tahun 2013, terdapat 6 persen atau sekitar 16 juta warga Indonesia yang menderita gangguan jiwa. Namun jika melihat kondisi saat ini yang makin dipenuhi dengan problema ekonomi, kemungkinan makin banyak orang yang tidak terdeteksi mengalami hal tersebut.

Awalnya gejala yang dialami orang dengan kecemasan berlebih atau depresi bisa berupa jantung yang terasa berdebar-debar. Meskipun setelah dilakukan tes medis, kondisi jantung baik-baik saja. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)