Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Jika Disorotkan Ke Mata, Laser Pointer Bisa Rusak Penglihatan

Hati-hati, Jika Disorotkan Ke Mata, Laser Pointer Bisa Rusak Penglihatan



New York – Anda sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan laser pointer. Sebab, cahaya yang dihasilkannya bisa berpotensi mengakibatkan kerusakan mata, seperti yag dialami oleh seorang sopir bus di Jerman.
Hati-hati, Jika Disorotkan Ke Mata, Laser Pointer Bisa Rusak Penglihatan
Seperti dilansir dari Live Science (Selasa, 10/11/2015), ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa seorang sopir bus di Jerman mengalami kerusakan retina mata gara-gara terpapar cahaya dari laser pointer.

Ceritanya, pada suatu hari, di dalam bus yang dikendarai sopir tersebut, terdapat seorang anak yang bermain-main dengan laser pointer miliknya. Ia duduk kira-kira 15 meter di belakang sang sopir.

Anak tersebut beberapa kali menembakkan cahaya lasernya ke arah kaca spion. Merasa mulai terganggu, sopir tadi mencoba mengintip lewat kaca spion untuk mencari tahu siapa pelaku yang memainkan laser pointer tadi.

Di saat inilah sang sopir tersebut beberapa kali terpapar langsung oleh cahaya laser pointer. Tak berapa lama, penglihatan mata kanan sopir tersebut menjadi kabur.

Kondisi ini terjadi selama enam bulan. Mulai jengah dengan apa yang terjadi, sopir tersebut pun menemui doketr mata.

Setelah menjalani pemeriksaan, ditemukan adanya cedera halus di bagian makula. Dari sinilah ditemukan bahwa bahaya laser pointer memiliki bahaya yang cukup serius untuk kesehatan mata, tentunya, bila diarahkan secara langsung kepada mata seseorang.

Peneliti Vincent Patalano, dari Harvard Medical School, mengatakan bahwa cahaya laser pointer, baik secara langsung maupun yang terpantul dari cermin atau kaca spion, bisa menghasilkan panas yang bisa langsung menimbulkan luka kecil di bagian retina. Luka inilah yang akan menimbulkan bayangan kabur di dalam penglihatan kita. (Deni Suroyo – sisidunia.com)