sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Walau Banyak Dibenci, Kecoak Ternyata Memberikan Manfaat Bagi Manusia

Walau Banyak Dibenci, Kecoak Ternyata Memberikan Manfaat Bagi Manusia



Beijing – Kecoa memang salah satu hewan yang dianggap paling kotor, menjijikan, dan membawa penyakit oleh sebagian besar orang di dunia. Namun demikian, ternyata serangga yang satu ini memiliki beberapa manfaat bagi manusia.
Walau Banyak Dibenci, Kecoak Ternyata Memberikan Manfaat Bagi Manusia
Seperti dilansir dari BBC, di Tiongkok, Kecoa dijadikan krim untuk mengobati luka bakar. Selain itu, kecoa juga dijadikan sirup untuk pasien yang mengalami gejala gastroenteritis.

Sebenarnya, obat tradisional dengan menggunakan kecoa sebagai bahan utamanya telah ada sejak dahulu kala. Pada sekitar abad ke-19, seorang jurnalis dan penulis, Lafcadio Hearn, melakukan penelitian ke wilayah Amerika Selatan. Di sana ia menemukan fakta-fakta mengejutkan tentang penggunaan kecoa sebagai obat.

“Untuk tetanus, berikanlah teh kecoak kepada penderita. Saya tidak tahu berapa banyak orang menggunakan obat ini, tapi saya yakin obat ini juga digunakan masyarakat di New Orleans,” demikian tulis Heran dalam catatan penelitiannya.


Baca juga

Gambar Lucu Meme Rossi, Marquez dan Lorenzo Hiasi Media Sosial Hari Ini

Dengan Cara Ini Anda Bisa Melihat Apakah Lawan Bicara Bohong atau Tidak

Selain bermanfaat untuk membuat obat-obatan, kecoa juga berjasa bagi dunia teknologi. Morfologi dan susunan kaki kecoa telah mengilhami para ilmuwan dan insinyur untuk merancang anggota tubuh palsu generasi berikutnya. Mekanisme pegas yang berada di kaki kecoa dijadikan sebagai dasar pembuatan tangan mekanik.
Walau Banyak Dibenci, Kecoak Ternyata Memberikan Manfaat Bagi Manusia
Berikutnya, kecoa juga memberikan ide dalam teknologi robotika. Ilmuwan di Rusia telah mengembangkan robot berbentuk kecoa yang berguna untuk urusan intelijen dan militer. Ya, dengan robot ini, kita bisa memata-matai atau merekam kegiatan musuh, tentunya, dengan tanpa terdeteksi.
Walau Banyak Dibenci, Kecoak Ternyata Memberikan Manfaat Bagi Manusia
Lebih jauh, di Tiongkok, kecoa juga berkembang tak hanya menjadi bahan obat, namun juga sebagai bahan makanan. Kecoa yang difavoritkan adalah kecoak yang berasal dari AS. Bahkan, pada tahun 2010 lalu, permintaan snack kecoa yang digoreng kering meningkat pesat sehingga banyak menguntungkan peternak kecoa di sana. (Deni Suroyo – sisidunia.com)