Home » Techno » Awas, Remaja yang Kecanduan Gadget Beresiko Kejiwaannya Terganggu dan Tidak Produktif

Awas, Remaja yang Kecanduan Gadget Beresiko Kejiwaannya Terganggu dan Tidak Produktif



Jakarta – Saat ini, gadget telah menjadi bagian penting dalam aktivitas manusia. Baik orang tua sampai remaja dan anak-anak telah akrab dengan teknologi yang satu ini.
Awas, Remaja yang Kecanduan Gadget Beresiko Kejiwaannya Terganggu dan Tidak Produktif
Namun, muncul satu masalah lagi yang terkait dengan perkembangan teknologi gadget. Masalah tersebut adalah kecanduan atau ketergantungan yang tinggi terhadap gadget.

Seperti dilansir dari The Huffington Post, berikut ini akan kami ulas bahaya kecanduan gadget pada remaja.

1. Berat badan naik
Scientific American melaporkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget, maka semakin membuat para remaja malas menjalani aktivitas fisik. Akibatnya, sudah tentu adalah penambahan berat badan yang berujung pada obesitas.

2. Terisolasi
Sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa penggunaan Facebook yang berlebihan dapat menjadi tanda bahwa penggunanya sedang kesepian. Tak hanya itu, beberapa studi sejenis juga menunjukkan bahwa orang yang gemar mengunggah sesuatu di media sosial adalah orang yang sebenarnya merasa terisolasi dari kehidupan sosial di dunia nyatanya.

3. Munculnya perbandingan sosial
Sebuah studi memperlihatkan bahwa orang yang sering menggunakan media sosial, khususnya Instagram, bisa memicu sebuah perbandingan sosial. seseorang akan selalu merasa tidak puas dengan yang dimilikinya dan selalu merasa iri dengan foto-foto yang dipamerkan orang lain.

Selain itu, di Instagram banyak pula orang yang berlomba-lomba untuk menunjukkan foto yang memukau, padahal kenyataannya tidak demikian.

4. Menurunkan produktivitas
Layanan gadget yang makin canggih akan menggoda seseorang untuk tenggelam di dalamnya, dan enggan melakukan hal lainnya. Hal ini jelas akan menurunkan tingkat produktivitas, baik dalam pekerjaan maupun dalam studi atau kuliah.

5. Menurunkan nilai
Penelitian terbaru dari London School of Economics mengungkapkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai cukup drastis ketika gadget atau smartphone dilarang di sekolah tersebut. Hal sebaliknya terjadi bila smartphone diperbolehkan.

6. Kesehatan terancam
Penelitian lain mengungkapkan bahwa remaja yang kecanduan gadget bisa mengalami kekurangan jam tidur dan berkurangnya aktivitas fisik. Hasilnya, bukan hanya kondisi kesehatan fisik yang menurun, kondisi kesehatan jiwanya juga ikut terpengaruh.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)