Home » News » Militer AS Waspadai Nuklir Korea Utara Yang Bisa Mencapai Chicago

Militer AS Waspadai Nuklir Korea Utara Yang Bisa Mencapai Chicago



Washington – Belum lama ini, pihak intelijen militer Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa misil milik Korea Utara (Korut) telah memiliki daya jelajah hingga Chicago, AS. Hal ini jelas menjadi ancaman tersendiri bagi Negeri Paman Sam yang dianggap sebagai musuh utama bagi Korut.
Militer AS Waspadai Nuklir Korea Utara Yang Bisa Mencapai Chicago
Seperti dilansir dari Mirror (Kamis, 5/11/2015), lembaga Heritage Foundation, dalam laporan “Indeks Kekuatan Militer AS tahun 2016”, menyebutkan bahwa militer Korut telah memiliki kemampuan untuk membuat rudal balistik antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile / ICBM). Bila Korut selesai membangun satu unit rudal saja, maka ancaman Kim Jong-un pun tidak bisa dianggap remeh lagi oleh AS.

Laporan tersebut menyebutkan pula bahwa rudal balistik Korut ini memiliki kekuatan yang cukup untuk menghancurkan negara-negara di sekitarnya, sebut saja Korea Selatan, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya yang memiliki pangkalan udara militer AS.

“Pyongyang telah meluncurkan sedikitnya 400 rudal balistik jarak dekat Scud, 300 rudal balistik jarak sedang No-Dong, dan 100 sampai 200 rudal balistik jarak menengah Musudan,” demikian yang tertera dalam laporan tersebut.


Baca juga

Risma Tak Tertarik Bertarung dengan Ahok di Pilgub Jakarta 2017

Info Cuaca Hari Ini, 6 November 2015, Kalimantan Barat Hujan Ringan

Selain rudal-rudal tersebut, Korut masih memiliki rudal Taepodong 2. Rudal yang masih dalam tahap pengembangan ini diprediksi dapat menjangkau wilayah Pantai Barat AS, termasuk Kota Chicago.

Ancaman yang ditebar Korut pun tak selesai sampai di sana. Negara komunis tertutup tersebut telah menyatakan akan mengembangkann senjata nuklir. Hal ini dibuktikan dengan dioperasikannya reaktor Nuklir Yongbyon. (Deni Suroyo – sisidunia.com)