Home » Gaya Hidup » Awas, Orang yang Beraktifitas dengan Banyak Duduk Beresiko Hipertensi

Awas, Orang yang Beraktifitas dengan Banyak Duduk Beresiko Hipertensi



Jakarta – Anda yang terbiasa beraktivitas dengan duduk terus-menerus selama 7 jam sehari, bersiaplah mendengar kabar kurang sedap ini. Ahli kesehatan mengatakan bahwa aktivitas semacam itu merupakan pemicu hipertensi, diabetees, hingga jantung koroner.
Awas, Orang yang Beraktifitas dengan Banyak Duduk Beresiko Hipertensi
Rabu (4/11/2015) kemarin, spesialis penyakit dalam dr. Simon Salim, SpPD, mengatakan bahwa sebuah studi memperlihatkan bahwa setiap penambahan dua jam duduk dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular sebanyak 5 persen. Jika durasi duduk tersebut telah mencapai tujuh jam sehari, maka akan ada hadiah tambahan berupa kencing manis dan darah tinggi.

Simon menambahkan bahwa sebagai gambara, duduk selama dua jam saja, kolesterol baik anda bisa menurun hingga 20 persen. Kemudian, kemampuan tubuh untuk melawan diabetes berkurang sebesar 24 persen.

Untuk melawan efek tersebut, lanjut Simon, lakukanlah aktivitas fisik atau olahraga minimal selama satu jam sehari.

“Bila terlanjur duduk 7 jam, tebus dengan aktivitas fisik misalnya jalan minimal selama satu jam, agar tidak dapat doorprize kencing manis, darah tinggi, penyakit jantung dan lainnya,” terangnya.

Kabar gembiranya, bila anda mau melakukan olahraga dengan intensitas sedang, atau paling tidak, berjalan cepat dengan durasi 30 menit selama lima hari dalam seminggu, maka resiko penyakit jantung koroner akan turun sebanyak 19 persen.

“Bila kebugaran kita cukup baik, setidaknya kita bisa melakukan jalan cepat (kira-kira 100 langkah per menit) selama 30 menit, yang dapat memberi kita tambahan 3000-4000 langkah. Risiko stroke pun turun 50 persen,” papar Simon. (Deni Suroyo – sisidunia.com)