Home » Gaya Hidup » Moms, Inilah Penyebab Mengapa Anak Malas Berangkat ke Sekolah

Moms, Inilah Penyebab Mengapa Anak Malas Berangkat ke Sekolah



Jakarta- Jika buah hati anda tiba-tiba merasa murung dan tidak bersemangat untuk pergi ke sekolah, mungkin anda perlu memberikannya perhatian tambahan. Sebab, bisa jadi si kecil telah mendapatkan perlakuan kekerasan atau bully, baik fisik maupun verbal, di sekolah.
Moms, Inilah Penyebab Mengapa Anak Malas Berangkat ke Sekolah
Hal ini diungkapkan oleh psikolog dari Universitas Tarumanegara, Naomi Soetikno M.Pd., Psi. Dalam forum diskusi “Ngobrol Bareng Sahabat” yang berlangsung di Jakarta, Selasa (3/11/2015) kemarin, Naomi mengatakan bahwa salah satu tanda anak telah mengalami kekerasan, terutama secara verbal, di luar rumah atau di sekolah, adalah munculnya sikap murung dan tidak bersemangat untuk ke sekolah.

Anda boleh meningkatkan kewaspadaan bila si kecil, yang biasanya selalu ceria dan bersemangat, tiba-tiba menjadi pendiam. Tanda lainnya adalah dia tidak mau lagi bermain bersama teman dekatnya.

“Tanda-tanda ini perlu digali tanpa harus membuat keributan di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal,” terang Naomi.


Baca juga

Dinikahi Pria Tajir, Wanita Ini Mendapat Kalung dan Gelang Emas Seberat 5 Kg

Karena Foto Meme Inilah, Seorang Polisi Merasa Namanya Dicemarkan

Kewaspadaan ini perlu ditumbuhkan oleh orang tua. Pasalnya, tak hanya orang tua di rumah, guru di sekolah, yang seharusnya menjadi teladan, bisa saja menunjukkan sikap kekerasan secara verbal tadi.

Kalimat simpel seperti “kamu sepertinya tidak berbakat”, atau “soal semudah ini saja kamu tidak mengerti?” sangat mungkin terlontar dari para guru. Bila si anak tidak bisa menghadapinya dengan baik, maka yang terjadi adalah dirinya akan menjadi semakin rendah diri dan kehilangan kepercayan diri. Buntutnya, si kecil akan merasa malas pergi ke sekolah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)