Home » Techno » Smartphone Kini Bisa Dimanfaatkan Untuk Deteksi Diabetes

Smartphone Kini Bisa Dimanfaatkan Untuk Deteksi Diabetes



Jakarta – Seiring dengan berkembangnya teknologi smartphone, ternyata juga berimbas pada dunia kesehatan. Salah satu contohnya, kini mendeteksi diabetes ternyata sudah bisa dilakukan hanya dengan bermodal sebuah perangkat smartphone.

Smartphone Kini Bisa Dimanfaatkan Untuk Deteksi Diabetes

Seperti dilansir dari Mirror (Selasa, 3/11/2015), aplikasi yang dikembangkan oleh ilmuwan di Tec de Monterrey, Meksiko dan University of Houston, AS ini memanfaatkan perangkat smartphone dan sampel air liur saja. Penemuan ini diharapkan mampu bermanfaat di negara-negara berkembang untuk mendiagnosis penyakit diabetes tanpa mengeluarkan ongkos mahal.

Menurut Dr Marco Antonio Rite Palomares selaku Direktur Pusat Bioteknologi di Tec de Monterrey, cara panggunaan aplikasi ini sangat sederhana dan hasilnya juga sudah dapat dilihat dalam hitungan detik saja.


Baca juga:

Kampus di Amerika Sediakan Beasiswa Khusus untuk Para Gamer, Tertarik ?

Apa Maksud Logo VEVO yang Muncul di Video Youtube ?

Marco melanjutkan, perangkat ini diciptakan untuk memudahkan hidup pasien dan memudahkan deteksi dini penyakit diabetes, khususnya bagi penduduk berpenghasilan rendah. Penemuan ini juga cocok untuk orang yang memiliki phobia terhadap jarum suntik.

Meskipun begitu, masih belum diketahui kapan penemuan ini akan diproduksi secara massal dan tersedia di seluruh dunia. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)