Home » News » Jet Jempur Su-25 Milik Rusia Gempur Bunker ISIS di Kawasan Palmyra

Jet Jempur Su-25 Milik Rusia Gempur Bunker ISIS di Kawasan Palmyra



Damaskus – Rusia mengumumkan bahwa pesawat tempurnya telah membombardir basis pertahanan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di sekitar wilayah kota kuno Palmyra, Suriah.
Jet Jempur Su-25 Milik Rusia Gempur Bunker ISIS di Kawasan Palmyra
Seperti dilansir dari BBC (Selasa, 3/11/2015), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa jet Su-35 mereka telah menggempur pos-pos ISIS di kawasan Tadmur, Provinsi Homs, tepatnya yang berada di dekat situs sejarah tersebut. Serangan kali ini ditargetkan untuk menghancurkan bunker bawah tanah dan tempat penyimpanan meriam anti udara milik ISIS.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan bahwa serangan udara teranyar ini jatuh di sekeliling kastil yang dibangun pada abad 13 tersebut. Kastil kuno ini berada di puncak bukit, di sebelah barat reruntuhan Kota Palmyra tadi.


Baca juga

Setelah Rusia, Kini Giliran Pesawat Tempur Turki Hujani Markas ISIS dengan Bom

Pesawat Rusia Jatuh di Mesir, ISIS Klaim Itu Adalah Ulahnya

Serangan Rusia ini tentunya mengundang kekhawatiran tersendiri. Sebab, reruntuhan Kota Palmyra beserta kastilnya itu merupakan bagian dari situs Warisan Dunia yang diberikan UNESCO.

Aktivis lokal melaporkan bahwa serangan tersebut terjadi sebanyak delapan kali pada Selasa (2/11/2015) kemarin waktu setempat. Sampai berita ini dipublikasikan, belum diketahui bagaimana tingkat kerusakan yang dialami oleh situs bersejarah itu. (Deni Suroyo – sisidunia.com)