Home » Techno » Apa Maksud Logo VEVO yang Muncul di Video Youtube ?

Apa Maksud Logo VEVO yang Muncul di Video Youtube ?



Jakarta – Ketika anda berselancar di situs YouTube, mungkin anda kerap kali melihat label VEVO dalam beberapa videoklip dari musisi-musisi Barat. Anda mungkin kemudian bertanya, apa sebenarnya VEVO tersebut?

Apa Maksud Logo VEVO yang Muncul di Video Youtube ?

(sumber foto: YouTube)

VEVO merupakan sebuah website musik yang bekerja sama dengan banyak label musik kenamaan dunia. Mereka bisa menawarkan jasa untuk melindungi hak cipta dari video-video musik yang diproduksi oleh label-label tersebut.

Beberapa label terkenal yang telah dirangkul VEVO antara lain Sony Music Entertainment, EMI, dan Universal Music Group. Tentunya, videoklip dari artis-artis yang berada di bawah naungan label-label tersebut otomatis akan mendapatkan label VEVO. Contohnya antara lain TaylorSwiftVEVO, JustinBieberVEVO, dan lain-lain.

Lantas perlindungna macam apa yang diberikan oleh VEVO terhadap videoklip musisi-musisi tersebut?

Ilustrasinya, jika seandainya seseorang memiliki file videoklip dari musisi tertentu yang telah tergabung bersama VEVO lalu mengunggahnya ke YouTube, maka video tersebut akan otomatis terblokir oleh sistem keamanan YouTube sehingga tidak bisa ditampilkan. Dari sini, resiko pelanggaran hak cipta pun bisa ditekan seminimal mungkin.

Adapun saat ini beberapa artis Indonesia juga telah bergabung bersama VEVO. Contoh musisi Tanah Air yang sudah memiliki label VEVO antara lain Ello, Judika, dan Fatin. (Deni Suroyo – sisidunia.com)