Home » Travel & Kuliner » Unik, Restoran Ini Berniat untuk Damaikan Orang Israel dan Palestina

Unik, Restoran Ini Berniat untuk Damaikan Orang Israel dan Palestina



Tel Aviv – Jangan anggap remeh keberadaan sebuah warung, bar, atau rumah makan. Selain menyediakan makanan dan minuman, warung, bar, atau rumah makan juga bisa menjadi sebuah ruang publik yang mewadahi aspirasi masyarakat dan memperkuat tali persahabatan dan pedamaian. Setidaknya, itulah yang ditemukan pada salah satu tempat makan yang berlokasi di Netanya, Tel Aviv, Israel.
Unik, Restoran Ini Berniat untuk Damaikan Orang Israel dan Palestina
Di tengah peliknya masalah politik antara Israel dan Palestina, yang dibalut dengan aksi kekerasan dan pembunuhan, sebuah tempat makan bernama Hummus Bar menyediakan tawaran yang cukup unik, yakni diskon sebesar 50 persen untuk makanan dan minuman yang dipesan bila ada pengunjung yang bersedia duduk satu meja dan berbagi dengan pengunjung lain yang berbeda ras.

Artinya, jika ada orang Israel mau duduk satu meja dan makan bersama orang Palestina, maka mereka hanya perlu membayar separuh harga.

Tempat makan ini pun menuliskan tagline yang cukup unik.
Unik, Restoran Ini Berniat untuk Damaikan Orang Israel dan Palestina
“Takut pada orang Arab? Atau takut pada orang Israel? Di sini kami tak punya keduanya, tapi kami punya hummus dan falafel! Anda bisa menikmati hummus dengan bebas mengisi ulang, tak peduli Anda seorang Arab, Yahudi, Kristen, China, atau apapun itu!”

Selain memasang tagline ini di depan pintu masuknya, Hummus Bar juga menampilkan tulisan insipratif tersebut pada foto profil di akun Facebook mereka.

“Kami telah mendengar banyak sekali berita menyedihkan di media, dan kami ingin berbuat sesuatu yang baik . Israel atau negara mana pun di dunia ini menginginkan kedamaian, maka kami ingin menonjolkan sisi tersebut. Salah satunya dengan menikmati hummus bersama-sama,” terang pemilik Hummus Bar, Kobi Tzafrir.
Unik, Restoran Ini Berniat untuk Damaikan Orang Israel dan Palestina
“Lumatan chick-peace ini kami harap selalu menjadi penyatu antara setiap pengunjung,” lanjutnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)