Home » Gaya Hidup » Ternyata Ini yang Membuat Mahasiswa Sering Kehabisan Uang Jajan

Ternyata Ini yang Membuat Mahasiswa Sering Kehabisan Uang Jajan



Jakarta – Mahasiswa, terutama yang berkuliah di luar kota, sering mengeluh bahwa uang jajan mereka cepat sekali habis. Mereka pun sering beranggapan bahwa kebutuhan kuliah dan hidup yang harus dipenuhinya sangat banyak dan mahal, sehingga kantong mereka pun cepat sekali mengering.
Ternyata Ini yang Membuat Mahasiswa Sering Kehabisan Uang Jajan
Padahal, jika mau berintrospeksi diri, beberapa kebiasaan belanja mahasiswa bisa dikategorikan sebagai sebuah bentuk pemborosan. Kebiasaan macam apa itu?

1. Makan di restoran

Makan memang merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun demikian, bukan berarti makan harus selalu di tempat makan atau restoran yang “Wah” dan berharga tinggi. Carilah tempat makan yang terjangkau, seperti warteg atau mungkin kantin kampus. Jangan terpancing tren masa kini untuk berburu kuliner dan kafe seperti yang banyak dipromosikan di media sosial.

2. Bermain

Refreshing memang perlu dilakukan sekali-kali untuk menyegarkan pikiran. Salah satu cara refreshing adalah dengan bermain bersama teman-teman, entah ke taman hiburan atau game center. Meski demikian, jangan jadikan kesuntukkan tugas kuliah sebagai alasan untuk sering-sering bermain.

Hasilnya, uang saku akan cepat terkuras sementara kualitas refreshing yang didapat tidak akan maksimal. Lebih baik, tabung/sisihkan uang saku selama beberapa waktu, lalu ketika ada hari libur cukup panjang, gunakan untuk jalan-jalan/liburan bersama teman-teman.

3. Hobi

Memiliki hobi adalah sesuatu yang wajar. Namun demikian, kita harus bisa mengendalikan pengeluaran untuk memenuhi hobi tersebut. Bila uang saku sudah pas-pasan untuk hidup, kuliah, dan bayar kos, membelanjakan uang untuk hobi bisa dikategorikan sebagai pemborosan.

4. Belanja

Kebiasaan yang satu ini kerap dimiliki oleh mahasiswi. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk para mahasiswa untuk “terjerat” pada kebiasaan ini. Agar uang saku anda tidak cepat habis, kendalikan sebaik-baiknya nafus anda untuk berbelanja, entah fashion, gadget, dan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan, dan kaitannya dengan perkuliahan anda.

5. Pacaran

Bersenang-senang bersama kekasih memang sah-sah saja. Namun, mahasiswa juga harus tetap realistis. Hindari terlalu sering berkencan di tempat-tempat mahal nan mewah. Lakukan beberapa kegiatan lainnya yang positif dan tidak terlalu konsumtif seperti lari pagi bersama, belajar bersama, dan lainnya. Bila ingin menonton bioskop, lakukan sekali-sekali saja.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)