Home » Otomotif » Simak Tips Membersihkan Karat Knalpot dengan Cara dan Alat yang Sederhana

Simak Tips Membersihkan Karat Knalpot dengan Cara dan Alat yang Sederhana



Jakarta – Knalpot yang terbuat dari bahan kaleng memang dikenal rentan terkena karat. Terutama sekali jika knalpot tersebut telah “berusia lanjut” serta tidak mendapat perawatan yang baik.
Simak Tips Membersihkan Karat Knalpot dengan Cara dan Alat yang Sederhana
Dan meskipun kita sudah mencoba merawat knalpot kendaraan kita dengan sebaik-baiknya, karat kerap muncul di bagian yang tak terlihat, seperti misalnya di leher knalpot dan bagian persikuan yang menjadi titik pengelasan (welding). Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan karat di bagian tersebut?

Opi, pemilik toko sparepart motor “Ex PSM”, mengatakan bahwa sebenarnya, cara menghilangkan karat dari knalpot cukup mudah. Peralatan yang harus disiapkan hanya sikat kawat dan sabun.

“Pertama-tama, siram dengan air, lalu oleskan sabun, setelah itu barulah rontokkan karat dengan sikat kawat,” terang Opi kepada wartawan di Depok, Kamis (29/10/2015) lalu.

Tentunya, sikat kawat yang digunakan juga tidak boleh yang asal-asalan, namun juga tidak perlu yang terlalu mahal. Menurut Opi, sikat yang ia rekomendasikan adalah yang bermerk Krisbow, dengan harga sekitar Rp 60 ribu. SIkat merk ini bisa diperoleh secara online atau di supermarket perkakas macam Ace Hardware.


Baca juga

SPG Cantik Masih Menjadi Daya Tarik Tokyo Motor Show

Untuk pemilihan sabun, Opi mengatakan sabun apapun bisa digunakan, mulai dari sabun colek, lalu cairan pembersih keramik (porstex), hingga bensin Pertamak Plus.

Knalpot yang hendak dibersihkan dari karat pun tidak perlu sampai harus dicopot dari kendaraan.

“Letaknya mudah dijangkau, jadi bisa dibersihkan tanpa dicopot dulu,” jelasnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)