Home » Gaya Hidup » Miris, 18 Ribu Remaja Usia 10-19 Tahun Hamil di Luar Nikah

Miris, 18 Ribu Remaja Usia 10-19 Tahun Hamil di Luar Nikah



Kuala Lumpur – Baru-baru ini, penelitian di Malaysia mengatakan bahwa rata-rata 18 ribu remaja perempuan berusia 10 hingga 19 tahun di negara tersebut telah hamil setiap tahunnya. Data ini diperoleh dari klinik kesehatan atau rumah sakit milik Pemerintah Malaysia yang memang menjadi rujukan remaja-remaja tersebut untuk memeriksakan kandungannya.
Miris, 18 Ribu Remaja Usia 10-19 Tahun Hamil di Luar Nikah
Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr S Subramaniam mengungkapkan bahwa dari angka 18 ribu tersebut, 25 persen diantaranya (sekitar 4.500) mengalami kehamilan di luar nikah.

Lebih lanjut lagi, pada jumat (30/10/2015) pagi tadi, Subramaniam mengatakan bahwa pihaknya mencatat adanya rata-rata 1.500 kasus kehamilan pada remaja dalam sebulan di seluruh wilayah Malaysia. Dari angka ini, usia yang paling banyak mengalami adalah 16 hingga 19 tahun.

“Berdasarkan kajian, remaja mulai melakukan hubungan seks pada umur 14 tahun dengan Sarawak mencatat kehamilan remaja paling tinggi,” terang Subramaniam.

“Diantara faktor utama kehamilan remaja disebabkan faktor pendidikan, kerapuhan institusi keluarga, sistem kesehatan, pengaruh rekan sebaya, media massa dan sosio budaya,” sambungnya.

Subramaniam juga buka-bukaan menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Global School-Based Student Health Survey tahun 2012, 8,3 persen pelajar sekolah berusia 13 hingga 17 tahun mengaku pernah merasakan hubungan seksual.

“Masalah yang mengkhawatirkan ialah tren kehamilan dan kematian di kalangan remaja hamil semakin meningkat,” ujarnya.

“Perasaan malu dan stigma masyarakat merupakan penghambat usaha remaja untuk mendapatkan pertolongan awal yang sewajarnya dan mengakibatkan mereka menghadapi berbagai masalah kesehatan dan sosial,” tandasnya lagi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)