Home » Gaya Hidup » Mirip 4×6, Perdebatan Perkalian 5×3 Kini Hebohkan Amerika

Mirip 4×6, Perdebatan Perkalian 5×3 Kini Hebohkan Amerika



Jakarta – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada September 2014, publik Indonesia dihebohkan dengan perdebatan tentang operasi perkalian 4×6. Perdebatan yang cukup panjang pun terjadi di dunia maya dan media sosial. Hal tersebut sampai mengundang komentar dari beberapa ilmuwan nasional seperti pimpinan LAPAN Thomas Djamaluddin, fisikawan Yohanes Surya, dan profesor Matematika Institut Teknologi Bandung Iwan Pranoto.

Ternyata, kasus semacam ini juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Kali ini, yang menjadi perdebatan adalah soal perkalian 5×3.

Dari sebuah website berbagi gambar, Imgur, muncul sebuah foto yang memperlihatkan lembar jawaban seorang siswa. Foto tersebut diunggah oleh akun bernama Cloakenn, pada Rabu (21/10/2015) lalu. Sampai saat ini, foto tersebut telah memperoleh lebih dari 3 juta view.

Postingan tersebut pun menuai berbagai reaksi dari para netizen.

“Si anak lebih tepat. 5×3 artinya 5 diulangi 3 kali, bukan 3 diulangi 5 kali, meskipun hasilnya sama,” tulis akun AlbrechtEh.

“Aku bukan guru tapi aku bilang dia memang benar. Lima dikali tiga, (berarti) 5 kali dari angka 3!” komentar akun PatriciaCisneros.
Mirip 4x6, Perdebatan Perkalian 5x3 Kini Hebohkan Amerika
Melalui media sosial lainnya, yakni Twitter, pemilik akun @fnoschese menyayangkan fokus dari permasalahan ini.

“Pada akhirnya, ini adalah keluhan mengenai nilai, bukan tentang mengajar/belajar matematika. Lihat saja judulnya,” tweetnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)