Home » News » Asteroid Sebesar 4 Kali Lapangan Sepak Bola Terlihat Mendekati Bumi

Asteroid Sebesar 4 Kali Lapangan Sepak Bola Terlihat Mendekati Bumi



Pasadena – Sebuah asteroid berukuran raksasa dilaporkan sedang bergerak mendekati orbit Bumi. Pada Sabtu (31/10/2015) besok, asteroid tersebut akan mencapai posisi yang sangat dekat dengan Bumi, dan hal ini merupakan kesempatan terbaik bagi para peneliti untuk mulai mengamati objek luar angkasa tersebut.
Asteroid Sebesar 4 Kali Lapangan Sepak Bola Terlihat Mendekati Bumi
Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 30/10/2015), asteroid tersebut ditemukan kurang dari tiga pekan yang lalu. Objek luar angkasa ini diperkirakan memiliki diameter 400 meter, dan akan melintasi Bumi dengan kecepatan 22 mil (35 km) per detik. Ia akan sampai di jarak terdekatnya dengan Bumi pada pukul 01.00 (17.00 GMT).

“Benda besar yang bisa menimbulkan kerusakan signifikan jika jatuh ke planet kita ditemukan hanya 21 hari sebelum pelintasan terdekatnya, menunjukkan kebutuhan untuk memantau langit malam setiap hari,” terang Detlef Koschny, astronom Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA).

Bongkahan batu luar angkasa yang dikenal dengan nama 2015 TB145 tersebut akan berada di sekitar 300.000 mil atau 480.000 kilometer dari Bumi. Jarak ini memang lebih jauh dari Bulan. Namun demikian, jarak seperti itu tergolong relatid dekat dalam ukuran kosmik.

Dari “kedatangan” ini, para astronom berharap bisa mempelajari berbagai aspek seperti misalnya bentuk, dimensi, fitur permukaan, dan berbagai karakteristik lainnya dari asteroid tersebut. Hal ini, normalnya, hanya bisa dilakukan dengan cara meluncurkan robot antariksa mahal ke luar angkasa ke titik dimana ditemukan asteroid.

Di samping nilai keilmuannya, melintasnya asteroid 2015 TB145 ke dekat Bumi ini bisa membantu para insinyur untuk mengembangkan teknologi pelacakan dan pengukuran objek luar angkasa dalam memprediksi kemungkinan-kemungkinan terjadinya tabrakan dengan Bumi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)