Home » Techno » Peneliti Latih Monyet Cerdas untuk Diterjunkan ke Planet Mars

Peneliti Latih Monyet Cerdas untuk Diterjunkan ke Planet Mars



Moskow – Ilmuwan di negara-negara Barat saat ini masih terus mengembangkan teknologi keantariksaan untuk mempersiapkan perjalanan penelitian menuju Planet Mars. Berita yang baru-baru ini beredar mengatakan bahwa ilmuwan di Rusia melakukan pendekatan yang sedikit berbeda dengan ilmuwan Barat lainnya.
Peneliti Latih Monyet Cerdas untuk Diterjunkan ke Planet Mars
Peneliti dari Russian Academy of Science dilaporkan tengah mempersiapkan empat ekor monyet terlatih yang rencananya akan dikirim dan didaratkan di permukaan Mars pada sekitar tahun 2017. Monyet-monyet tersebut menerima materi pelatihan setiap hari sampai nanti siap diluncurkan ke luar angkasa.

Seperti dilansir dari Daily Mail (Selasa, 27/10/2015), monyet yang dipilih dalam program ini bukan monyet sembarangan. Primata itu diambil dari sebuah “peternakan” khusus, yang menghasilkan monyet-monyet berintelejensi tinggi. Empat monyet terpintar yang telah dipilih kemudian akan menerima materi pelatihan secara intensif.

Setiap harinya, tim peneliti yang dipimpin oleh Inessa Kozlovskaya akan melatih monyet cerdas tersebut untuk mengendalikan joystick dan membidik target tertentu yang telah ditetapkan dengan menggunakan kursor. Bila monyet tersebut berhasil menyelesaikan tugas tertentu, maka mereka akan dihadiahi jus.

Selain itu, monyet-monyet pintar tadi juga dilatih untuk memecahkan sejumlah soal teka-teki dan matematika sederhana, serta mengerjakan sejumlah tugas harian yang sudah dijadwalkan. Para ilmuwan berharap bahwa dalam kurun waktu dua tahun mendatang, monyet-monyet tersebut sudah benar-benar siap diluncurkan menuju Planet Mars.

“Apa yang kami latih agar membuat mereka sepintar mungkin, sehingga kami dapat memanfaatkan mereka untuk mengeksplorasi ruang angkasa yang melebihi orbit kita,” tutur Kozlovskaya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)