Home » News » Nanik Sudaryati, Ibu Muda yang Tidak Tahu Bedanya Tong Sampah dan Extinguisher

Nanik Sudaryati, Ibu Muda yang Tidak Tahu Bedanya Tong Sampah dan Extinguisher



Maryland – Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), pesawat Kepresidenan Republik Indonesia dengan jenis Boeing Business Jet 2 mendarat di Pangkalan Militer Andrews. Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), beserta Ibu Negara, Iriana Joko WIdodo dan rombongan sempat diabadikan dalam sebuah foto, yang kini telah menyebar di media sosial.
Nanik Sudaryati, Ibu Muda yang Tidak Tahu Bedanya Tong Sampah dan Extinguisher
Baru-baru ini, foto kedatangan Presiden Jokowi yang disambut dengan karpet merah dan sebarisan pejabat tinggi AS tersebut menjadi perbincangan cukup panas di media sosial. Pasalnya, di dalam foto tersebut nampak seorang petugas yang disinyalir merupakan tukang sampah lengkap dengan bak sampahnya.

Paling tidak, itulah yang disampaikan oleh seorang netizen bernama Nanik Sudaryanti.

Melalui akun Facebook-nya, Nanik mengunggah foto penyambutan Presiden Jokowi tersebut. Ia melingkari sosok tukang sampah tadi, dan menekankan bahwa kehadiran tukang sampah di dalam acara penyambutan Presiden RI sangatlah tidak pantas. Bersama foto tersebut, Nanik menuliskan status yang cukup panjang.

“Pak Jokowi, meski saya tiap hari mengeritik kebijakanmu sebagai Presiden, sungguh pagi ini saya ngenes melihat foto ini. Seperti inikah penyambutan seorang kepala negara berpenduduk 250 juta, di mana Amerika tiap hari mengambil triliunan Rupiah dari negara yg Presidennya bernama Joko Widodo?
Lihatlah, sebelah kiri ada gambar bak sampah dan tukang sampah yg boleh menonton, kalau toh itu tukang sampah bandara, apakah tdk bisa disingkirkan dulu. Sebaliknya lihat, kalau Presiden AS mau datang, sebulan sebelum datang pun Jakarta sudah diudah-udak, semua disterilkan. Jangankan tukang sampah, yg ada di Bandara waktu Presiden AS datang saja harus sekelas Jenderal semua, itu pun dalam jumlah terbatas.
Gak usah bandingkan dengan Bung Karno yg dijemput Presiden AS waktu berkunjung ke sana, ini sekelas menteri saja nggak ada yg jemput. Padahal kalau Presiden As datang, hadeuh semua pejabat kita gerudukan jemput.
Pak Jokowi, siapakah yg membisikkan Anda harus pergi ke Amerika? Lantas sekarang anda malah dipermalukan. Lagi pula Pak Jokowi, Anda jauh lebih terhormat duduk saja di istana mengawasi atau menginstruksikan pemadaman hutan yg dibakar para konglomerat itu.
Pak Jokowi, Amerika nggak ada hebatnya lagi buat kita, mereka tidak seperti dulu mengimpor tekstil, atau hasil laut yg besar kayak dulu dari Indonesia , tapi sebaliknya mereka terus mengambil sumber daya alam kita, “
demikian tulis Nanik.

Setelah ditelusuri, ternyata tuduhan Nanik tersebut tidaklah benar. Sosok yang dianggapnya sebagai tukang sampah bersama bak sampahnya, sebenarnya adalah petugas Aircraft Ground Handling yang membawa Model 775 – Wheeled Novec™ 1230 Fire Extinguisher.
Nanik Sudaryati, Ibu Muda yang Tidak Tahu Bedanya Tong Sampah dan Extinguisher
Menurut standar penerbangan internasional, ketika pesawat mendarat dan mendekati gate, baik saat taxi in maupun taxi out, petugas tersebut akan segera bekerja sembari menunggu proses engine shut down (mematikan mesin) atau engine staring (menghidupkan mesin). Keberadaan petugas ini sangat krusial bagi keamanan penerbangan.
Nanik Sudaryati, Ibu Muda yang Tidak Tahu Bedanya Tong Sampah dan Extinguisher
Telah berkomentar panjang lebar di media sosial, dan ternyata komentarnya salah, Nanik pun di-Bully oleh netizen. Berbagai komentar pedas dan menusuk telinga pun bermunculan dalam postingan tersebut. Lebih jauh, Nanik dianggap telah menyebarkan berita tidak benar yang menjurus kepada fitnah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)