sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Mengapa Fresh Graduate Sulit Bersaing Dalam mendapatkan Pekerjaan ?

Mengapa Fresh Graduate Sulit Bersaing Dalam mendapatkan Pekerjaan ?



Jakarta – Makin ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan selalu menjadi momok bagi tiap fresh graduate. Tak sedikit fresh graduate yang kesulitan mendapat pekerjaan, meskipun sudah begitu rajin memasukkan surat lamaran ke berbagai lowongan kerja.

Mengapa Fresh Graduate Sulit Bersaing Dalam mendapatkan Pekerjaan ?

Jika Anda termasuk salah satunya, jangan cepet berputus asa. Coba perhatikan kembali dan telaah penyebab Anda tidak dipanggil wawancara kerja. Beberapa hal berikut ini bisa jadi merupakan salah satu penyebab kegagalan Anda:

CV Kurang Menarik

Seiring dengan banyaknya pesaing, pihak perusahaan biasanya juga memerhatikan CV yang terlihat menarik. CV menarik tak selalu harus dipenuhi dengan ornamen, namun sesuaikan juga dengan perusahaan yang dituju. Jika posisi yang dituju butuh kreativitas, tak ada salahnya untuk membuat CV yang lebih colorful dan desain yang tidak standar.

Tidak Memenuhi Kualifikasi

Alasan satu ini sering dialami oleh banyak fresh graduate. Saking antusiasnya memasukkan lamaran, banyak yang tidak teliti memerhatikan kualifikasi. Apalagi jika memasukkan lamaran di bursa kerja yang sangat ramai. Akibatnya lamaran kerja akan menjadi sia-sia.

Berkas Tidak Lengkap

Sebelum memasukkan lamaran kerja, teliti kembali berkas-berkas yang harus disertakan. Jangan sampai hanya kurang satu berkas, lamaran kerja menjadi tersisihkan.

Selain beberapa penyebab teknis di atas, faktor non teknis juga sering menjadi penyebab seorang fresh graduate tak lekas mendapat pekerjaan. Mulai dari ekspektasi yang terlalu tinggi, hingga terlalu pilih-pilih perusahaan.

Sebagai seorang fresh graduate, tujuan utama untuk mencari kerja juga sebagai tempat mencari pengalaman. Jadi jangan terlalu tinggi berekspektasi dan mulailah mencari lowongan yang lebih berpeluang untuk diterima. (Rani Soraya – sisidunia.com)