Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Mengkonsumsi Daging Olahan Beresiko Mengidap Kanker

Hati-hati, Mengkonsumsi Daging Olahan Beresiko Mengidap Kanker



New York – Anda penyuka hamburger atau hot dog? Setelah membaca artikel ini mungkin Anda akan berpikir ulang untuk sering-sering mengkonsumsi makanan tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini menetapkan daging olahan seperti daging babi asap (bacon), ham, dan sosis sebagai makanan yang dapat menyebabkan kanker.

Hati-hati, Mengkonsumsi Daging Olahan Beresiko Mengidap Kanker

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh WHO menyebutkan bahwa setiap mengkonsumsi 50 gram daging olahan per hari atau kurang dari dua iris bacon ternyata dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus sebesar 18%. Selain berbagai macam daging olahan, daging merah segar juga memiliki kemungkinan bersifat karsinogenik namun buktinya masih terbatas.

“Daging olahan merupakan karsinogenik bagi manusia tertinggi kelima setelah alkohol, asbes, arsen, dan rokok,” jelas Bidang Penelitian Kanker WHO.


Baca juga:

Benarkah Aspirin Bisa Menjadi Obat Anti Kanker ?

Daun Sirsak Terbukti Bermanfaat Menghambat Sel Kanker Usus Besar

Ketika daging diawetkan dengan metode pengasapan, penggaraman, atau dengan bahan pengawet tertentu inilah yang dapat membentuk karsinogen yang merupakan zat penyebab kanker.

WHO kemudian menyarankan agar tiap orang tidak mengkonsumsi daging olahan lebih dari 500 gram per pekan atau setara dengan 700 gram daging merah segar. (Rani Soraya – sisidunia.com)