sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Benarkah Aspirin Bisa Menjadi Obat Anti Kanker ?

Benarkah Aspirin Bisa Menjadi Obat Anti Kanker ?



Jakarta – Belum lama ini dunia medis dikabarkan telah memulai uji coba klinis untuk meneliti manfaat aspirin untuk mencegah kembalinya sel kanker. Penelitian yang dilakukan di Inggris ini juga menjadi uji coba klinis terbesar di dunia, dengan melibatkan setidaknya 11 ribu orang penderita kanker usus, prostat, payudara, dan tenggorokan.

Benarkah Aspirin Bisa Menjadi Obat Anti Kanker ?

Seperti dilansir dari BBC (Selasa, 27/10/2015), penelitian aspirin sebagai obat anti kanker ini dipicu oleh perdebatan sengit terkait manfaat obat painkiller satu ini. Jika terbukti efektif sebagai obat anti kanker, maka hal ini akan sangat berdampak besar, mengingat kedepannya pasien bisa bertahan dengan obat yang lebih murah.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data dari kelompok pasien yang menerima aspirin dalam berbagai dosis dan kelompok pasien yang menerima obat placebo. Rencananya setelah 12 tahun akan dilihat perbandingan tingkat kejadian kembalinya kanker.

Sebelumnya sempat ada riset yang menunjukkan bahwa aspirin memiliki kemampuan untuk mencegah kembalinya kanker tahap dini. Sayangnya studi tersebut belum isertai dengan percobaan mendalam sehingga buktinya masih kurang jelas. (Rani Soraya – sisidunia.com)