Home » Gaya Hidup » Apa Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Hadapi Dunia Kerja ?

Apa Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Hadapi Dunia Kerja ?



Jakarta – Apakah Anda seorang mahasiswa tingkat akhir sebuah universitas? Jika iya, disamping fokus dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi, ada baiknya Anda menyiapkan hal-hal berikut sebelum memasuki dunia kerja ketika lulus kelak.

Apa Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Hadapi Dunia Kerja ?

Ketatnya persaingan dalam mencari lapangan pekerjaan menuntut Anda untuk memiliki persiapan yang lebih matang dibandingkan dengan kompetitor Anda. Perlu diingat jika mencari pekerjaan merupakan sebuah kompetisi. Jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia tidak dapat menampung seluruh lulusan universitas. Untuk itu butuh sebuah persiapan matang.

Salah satunya Anda harus memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusaahaan. Selain nilai IPK, biasanya ada kualifikasi lain yang dicantumkan pada pengumuman lowongan pekerjaan. Kompetensi tambahan dan sof skill umumnya dibutuhkan perusahaan. Terutama di bidang yang menuntut kerja sama tim. Jangan lupa untuk menuliskan berbagai pengalaman maupun sertifikat yang menunjukkan Anda memiliki kemampuan tersebut.


Baca juga:

Keren, Untuk Membuat Mobil Batman Ini Dibutuhkan 500 Ribu Lego
Berpelukan Adalah Salah Satu Cara Yang Ampuh Untuk Cegah Flu

Dengan demikian, jangan malas untuk mencari segudang pengalaman dan kemampuan di luar aktivitas perkuliahan Anda. Ikuti kursus-kursus dan seminar yang sekiranya bisa menunjang karir Anda kelak. Tak ada salahnya juga mulai mencari lowongan pekerjaan sedari sekarang. Tidak usah menunggu untuk lulus. Semua akan lebih baik jika dimulai sedini mungkin. Anda akan selangkah lebih maju dari pesaing Anda.

Yang terakhir adalah siapkan Curriculum Vitae (CV) ataupun resume yang akan Anda masukkan ke berbagai perusahaan. Sesuaikan isinya dengan berbagai kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (Yayan – sisidunia.com)