Home » News » Studi, 8 Persen Planet di Alam Semesta Bisa Berpotensi Dihuni Manusia

Studi, 8 Persen Planet di Alam Semesta Bisa Berpotensi Dihuni Manusia



Baltimore – Sebuah studi keantariksaan mengatakan bahwa alam semesta yang kita huni saat ini masih terus mengalami perkembangan. 92 persen planet yang terbesar di seluruh alam semesta berpotensi untuk berkembang menjadi mirip dengan bumi. Dari jumlah tersebut, sekitar 8 persennya sangat berpotensi untuk dihuni oleh manusia.
Studi, 8 Persen Planet di Alam Semesta Bisa Berpotensi Dihuni Manusia
Seperti dilansir dari Nasa (Jumat, 23/10/2015), teori terbaru ini disampaikan oleh Peter Behroozi, peneliti dari Space Telescope Science Institute (STScI), Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS).

“Ketika tata surya kita terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu, hanya delapan persen planet yang berpotensi dihuni dan yang pernah terbentuk di alam semesta. Masih ada 92 persen planet lagi yang belum lahir. Keramaian ini akan terjadi sekitar 6 juta tahun ke depan, ketika matahari semakin membara,” ujar Behroozi.

Temuan tersebut diperoleh dari hasil analisa data yang dikumpulkan oleh teleskop luar angkasa Hubble milik NASA. Para astronom melihat rekaman-rekaman teleskop tersebut, lalu membandingkannya dengan keadaan saat ini.

Menurut para ilmuwan, Bumi merupakan planet yang lahir secara “prematur”, atau dengan kata lain, jauh lebih dini dibandingkan planet-planet lainnya di alam semesta.

“Data menunjukkan jika bintang diciptakan alam semesta dalam kecepatan rata-rata sekitar 10 miliar tahun lalu. Namun pecahan gas helium dan hidrogen alam semesta yang dikabarkan berperan dalam pembentukan bumi, ternyata cukup kecil. Saat ini kelahiran bintang tidak terlalu cepat dibanding dulu meski banyak gas tertinggal di alam semesta yang akan tetap berperan ‘mematangkan’ planet dan bintang sampai kelahirannya nanti,” sambung Behroozi.

Sejak peristiwa Big Bang, yang diyakini sebagai proses awal penciptaan alam semesta, Behroozi meyakini bahwa masih banyak sisa-sisa material yang cukup untuk membentuk planet-planet baru atau mematangkan planet-planet yang sudah ada saat ini menjadi sebuah planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Apalagi, para ilmuwan meyakini ada sekitar 1 miliar planet di alam semesta yang berukuran sama dengan Bumi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)