sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ahok Curiga Ada Oknum DPRD Bekasi yang Lindungi PT GTJ Terkait Sampah

Ahok Curiga Ada Oknum DPRD Bekasi yang Lindungi PT GTJ Terkait Sampah



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengutarakan secara gamblang kecurigaannya terhadap DPRD Kota Bekasi, terkait dengan masalah tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang. Ahok mengatakan bahwa ada “permainan” yang membayangi konflik tersebut.
Ahok Curiga Ada Oknum DPRD Bekasi yang Lindungi PT GTJ Terkait Sampah
Ahok menjelaskan bahwa selama ini, DPRD Kota Bekasi selalu “bereaksi” ketika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta coba mengusut Pt Godang Tua Jaya (GTJ), pihak swasta yang mendapatkan kepercayaan untuk mengelola sampah dari Jakarta.

Kecurigaan Ahok terbentuk misalnya ketika Pemprov DKI Jakarta melayangkan surat peringatan (SP) kepada PT GTJ. Tak berapa lama, DPRD Kota Bekasi sudah bersuara lantang.

“Saya juga jadi curiga sama anggota DPRD, oknum DPRD apa gimana saya enggak tahu,” ujar Ahok.

“Kenapa curiga? Saya sudah kirim surat peringatan pertama bahwa PT GTJ wanprestasi dan kami butuh 105 hari lagi untuk melayangkan SP 2 dan 3. Begitu dilayangkan SP pertama, mereka mulai mengancam saya enggak boleh buang sampah lagi,” jelasnya lebih lanjut kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Jumat (23/10/2015).


Baca juga

TNI Ultimatum Ahok : “Tentara Bukan Untuk Mengangkut Sampah”

Adi Purnomo, Wakil Ketua DPRD Kerinci Diduga Lakukan Tindakan Asusila terhadap Wanita Bersuami

Ahok menduga bahwa sejumlah oknum di lingkungan legislatif Kota Bekasi telah menerima aliran dana dari PT GTJ. Sebab, lanjut Ahok, Pemprov DKI Jakarta wajib membayarkan “tipping fee” sebesar Rp 114.000 per ton sampah ke perusahaan tersebut. Jumlah sampah yang dihasilkan DKI perharinya mencapai 6.000 ton.
Ahok Curiga Ada Oknum DPRD Bekasi yang Lindungi PT GTJ Terkait Sampah
Secara kasat mata saja, setiap bulan PT GTJ sudah mengantongi 19 miliar dari pengelolaan sampah DKI. Meski menerima dana yang cukup besar tiap bulannya, PT GTJ tetap mangkir dari kewajibannya untuk membuat, mengembangkan, atau mendatangkan teknologi pengelolaan sampah yang lebih baik lagi, seperti misalnya Gasifikasi, Landfill, dan Anaerobic Digestion (Galvad).

“Saya ingin tahu larinya uang itu ke mana,” tandas Ahok.

Adapun pemanggilan Ahok oleh DPRD Kota Bekasi terkait konflik persampahan ini dinilai Ahok sebagai ancaman agar Pemprov DKI tidak memutus kontraknya dengan PT GTJ.

“Ini bagian supaya mengancam lagi, saya enggak boleh putuskan (kontrak kerjasama dengan PT Godang Tua Jaya),” sambungnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)