Home » Ekonomi & Bisnis » Pertimbangan Apa Saja yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah ?

Pertimbangan Apa Saja yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah ?



Jakarta – Membeli rumah merupakan suatu langkah finansial yang sangat menguras pikiran. Pasalnya, begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk bisa memperoleh sebuah hunian yang ideal bagi keluarga tercinta. Beban pikiran tersebut akan semakin berat terutama bagi mereka yang baru pertama kali membeli rumah.
Pertimbangan Apa Saja yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah ?
Untuk sedikit memberi gambaran kepada anda, ada tiga hal terpenting yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli rumah. Apa saja?

1. Lokasi dekat dengan tempat kerja
Hal pertama yang harus dipikirkan adalah lokasi rumah. Pilihlah lokasi rumah yang terdekat dengan tempat kerja

Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di kantor setiap harinya. Untuk mengurangi stres dan keletihan, pilihlah rumah dengan jarak paling dekat dengan lokasi tempat kerja anda.

2. Hindari beli rumah secara inden
Bila anda memiliki dana yang cukup, sangat disarankan untuk membeli rumah yang sudah jadi dibandingkan dengan rumah yang inden. Sebab, rumah yang sudah jadi lebih memudahkan anda dalam melakukan identifikasi dan pengecekan terhadap kondisi fisik rumah besera kelengkapan-kelengkapan infrastrukturnya.

Alasan lain, rumah yang dijual secara inden memiliki resiko penipuan yang cukup tingggi. Anda bisa saja tidak puas denga hasil akhir pembangunan rumah, atau bahkan anda ditinggal lari oleh pengembang.

3. Ambil KPR
Pertimbangkan pula untuk mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Salah satu kelebihan KPR adalah nilai inflasinya terhadap mata uang.

Sebagai contoh, misalkan anda mengambil KPR 15 tahun dengan kredit sebesar Rp 3 juta per bulannya. Nilai cicilan tersebut mungkin terasa berat sekali saat ini. Namun demikian, 10 tahun dari sekarang, nominal Rp 3 juta tersebut akan terasa lebih ringan.

Selain itu, dengan mengambil KPR, anda tidak perlu langsung menghabiskan uang tabungan anda sekaligus. Dengan pembayaran yang dicicil, dana yang tersedia masih bisa anda “putar” untuk kepentingan bisnis anda.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)


Baca juga

Bukan Sampai 5 Atau 6, Jokowi Siapkan 100 Paket Kebijakan Ekonomi