Home » Gaya Hidup » Penelitian, Wanita Biasanya Merokok Saat Merasa Telah Sukses

Penelitian, Wanita Biasanya Merokok Saat Merasa Telah Sukses



Jakarta – Selama ini yang kita ketahui perokok pria jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan perokok wanita. Namun tahukah Anda, ternyata di beberapa negara berkembang, perokok wanita hampir sama jumlahnya dengan para perokok pria.

Penelitian, Wanita Biasanya Merokok Saat Merasa Telah Sukses

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan World Health Organization (WHO) di 74 negara berkembang diketahui bahwa jumlah perokok wanita telah jauh meningkat. Bahkan jutaan wanita di beberapa negara berkembang itu beresiko tinggi akan menderita beragam penyaki yang ditimbulkan rokok, hingga kematian di usia muda. Pasalnya, ternyata wanita memilih untuk merokok saat dirinya merasa sukses. Hal tersebut banyak terjadi di negara berkembang dengan kondisi perekonomian negara yang makin membaik.

Walaupun jumlah konsumsi rokok di beberapa negara itu masih tergolong kecil, namun penelitian ini telah mengindikasikan kebutuhan negara berkembang untuk menekan jumlah perokok wanita. Jika tidak ada tindakan cepat, ditakutkan jumlah wanita perokok akan terus meningkat.

Untuk diketahui, tiap tahunnya lima juta orang meninggal dunia akibat rokok, baik itu perokok aktif maupun pasif. Diperkirakan angka kematian tersebut akan meningkat hingga delapan juta jiwa pada 2030 jika tidak ada langkah konkrit. (Rani Soraya – sisidunia.com)