Home » Gaya Hidup » Teori Ini Menjelaskan Bagaimana Cara Alien Berkembang Biak

Teori Ini Menjelaskan Bagaimana Cara Alien Berkembang Biak



New York – Rasa penasaran manusia modern memang cukup tinggi bila berkaitan dengan kehidupan asing yang berasal dari planet lain di tengah bentangan alam semesta ini. Pertanyaan-pertanyaan seperti bentuk fisik mereka, bagaimana kehidupan sosialnya, bagaimana perkembangan teknologinya, dan lain-lain selalu menjadi topik perbincangan di forum-forum sains luar angkasa.
Teori Ini Menjelaskan Bagaimana Cara Alien Berkembang Biak
Satu pertanyaan yang cukup unik, yang baru-baru ini dibahas oleh Live Science (Rabu, 14/10/2015), adalah tentang bagaimana cara alien berkembang biak. Bahasan ini cukup unik dan rumit, mengingat keberadaan alien itu sendiri yang belum 100 persen pasti.

Bila di bumi, reproduksi merupakan sebuah proses menyatukan Deoxyribonucleic acid (DNA) suatu makhluk hidup dengan DNA dari makhluk hidup lain. Proses ini merupakan satu langkah penting untuk menjaga kelestarian suatu makhluk hidup.

“Karena itu, reproduksi menjadi sangat penting bagi suatu makhluk hidup, mungkin saja para alien,” ujar Sally Otto, selaku Direktur Biodiversity Research Centre di University of British Columbia, Amerika Serikat (AS).

Pada makhluk hidup tingkat tinggi di bumi, reproduksi yang dilakukan adalah dengan cara seksual (dengan kawin) dan aseksual (tanpa kawin). Namun bagaimana dengan alien di luar sana?

1. Membelah diri

Bila di bumi, makhluk hidup yang melakukan reproduksi secara aseksual (tanpa kawin) normalnya adalah makhluk hidup bersel tunggal. Contohnya adalah Amuba, dan beberapa jenis lainnya.

Makhluk hidup bersel banyak yang diketahui melakukan pembelahan diri dalam reproduksinya adalah hewan krustasea mini bernama Daphnia middendorffiana. Keberadaan hewan ini menunjukkan bahwa organisme bersel memiliki potensi untuk beranak dengan cara membelah atau melepaskan bagian tubuhnya untuk kemudian tumbuh menjadi generasi yang baru.

2. Bersatu dengan gen makhluk lain

Meski dikenal berkembang biak dengan cara membelah diri, sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Massachusetts pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Amuba bisa juga berreproduksi dengan cara kawin.

“Caranya dengan mengambil gen dari amuba lain,” tulis peneliti dari kampus tersebut.

Kehidupan asing di luar bumi juga memiliki kemungkinan untuk melakukan kegiatan reproduksi semacam ini.

3. Kloning

Kemungkinan lainnya adalah dengan melakukan kloning diri sendiri. Reproduksi semacam ini juga dilakukan oleh salah satu makhluk hidup di bumi, yaitu salah satu spesies kutu daun.

Seranggan ekstra kecil tersebut menyedot madu tanaman, lalu mengkloning diri sendiri secara aseksual ketika makanan yang mereka miliki sedang melimpah.

“Hebatnya lagi, bayi kutu daun bisa mengkloningkan lagi diri mereka. “Jadi, nantinya seperti boneka dari Rusia,” jelas Sally Otto.

Selain itu, kloning juga sangat mungkin dilakukan oleh alien yang memiliki teknologi yang sangat maju, sebagaimana kerap ditunjukkan dalam berbagai cerita science-fiction.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)