sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Duduk Lama Bisa Meningkatkan Resiko Pembekuan Darah

Hati-hati, Duduk Lama Bisa Meningkatkan Resiko Pembekuan Darah



Jakarta – Sudah banyak diketahui bahwa kebiasaan duduk dalam waktu lama bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan anda. Salah satu bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat terlalu banyak duduk adalah pembekuan darah di pembuluh vena bagian dalam, atau yang disebut juga dengan istilah trombosis vena dalam.
Hati-hati, Duduk Lama Bisa Meningkatkan Resiko Pembekuan Darah
“Duduk lebih dari dua jam dapat meningkatkan risiko trombosis vena dalam, apakah itu dalam perjalanan dengan pesawat atau hanya sekedar duduk,” terang Cosphiadi Irawan, dokter spesialis Hematologi, di Jakarta, Selasa (20/10/2015) kemarin.

Trombosis vena dalam, sambung Cosphiandi, biasanya terjadi di bagian tungkai kaki. Akibatnya, kaki penderita akan menjadi bengkak, nyeri, berubah warna menjadi kemerahan, dan kulit kaki akan terasa hangat/panas jika diraba.

PAda skenario terburuk, trombosis vena dalam bisa menyebabkan kematian. Kasus kematian karena penyakit ini pernah dialami oleh seorang dokter gigi yang sedang dalam perjalanan pesawat dari Jakarta menuju Amerika Serikat.

Setibanya di AS, dokter gigi tersebut tiba-tiba merasakan sesak nafas dan kemudian kolaps. Nyawanya pun tak tertolong ketika dibawa ke rumah sakit.

“Kondisi ini terjadi akibat duduk di pesawat pada satu posisi tertentu dalam waktu lama, yakni lebih dari 8 jam,” jelas Cophiandi.

Adapun faktor pemicu trombosis vena dalam lainnya adalah obesitas, kebiasaan merokok, usia (45 tahun ke atas), hipertensi, diabetes, penyakit lainnya seperti kanker, dan faktor genetis. (Deni Suroyo – sisidunia.com)