Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Jangan Anggap Remeh Kesemutan

Hati-hati, Jangan Anggap Remeh Kesemutan



Jakarta – Anda sering merasakan kesemutan? Atau juga merasakan nyeri di bagian dada ketika menarik nafas? Berhati-hatilah, anda bisa saja mengalami trombosis.
Hati-hati, Jangan Anggap Remeh Kesemutan
Prof. Dr. dr. Karmel L. Tambunan, Sp.PD-KHOM, menjelaskan bahwa trombosis adalah proses pembentukan darah beku yang terjadi pada jantung atau pembuluh darah.

“Trombosis biasanya terjadi akibat gangguan keseimbangan antara faktor koagulan, antikoagulan dan fibrinolisis,” papar Prof. Karmel dalam Media Diskusi “Waspada Darah Beku” yang berlangsung di Doubletree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/15).

Jika trombosis tersebut terjadi pada pembuluh vena, maka gejala yang muncul adalah pembengkakan lebih dari 3 cm pada kedua kaki serta perubahan warna kulit.

Dalam acara yang sama, dr. Cosphiadi Irawan, Sp.PD-KHOM, mengatakan bahwa gejala lainnya dari trombosis adalah warna kulit menjadi merah, kulit terasa panas, serta nyeri. Luka yang terjadi karena trombosis pada vena ini tidak mudah disembuhkan.

“Kalau pada emboli paru, di mana bekuan darah dari vena kaki lepas masuk ke jantung dan menyangkut di paru, gejalanya adalah sesak napas, nyeri dada dan batuk darah. Dan juga ketika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terlihat kadar oksigen dalam darah menurun,” jelas dr. Cosphiadi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)