Home » Gaya Hidup » Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajaknya Belajar Musik

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajaknya Belajar Musik



Jakarta – Tak hanya enak didengarkan, musik ternyata memiliki manfaat lain daripada hanya sekedar hiburan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain dan majalah ScienceDaily, pada September 2006 silam, telah menunjukkan bahwa musik ternyata bisa berperan sebagai instrumen pendidikan yang bisa mendukung kecerdasan anak.
Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajaknya Belajar Musik
Disebutkan bahwa musik dapat merangsang anak untuk memecahkan masalah, menarik keismpulan, melakukan analisa, perbandingan, sintesa, atau bahkan mengevaluasi suatu keadaan yang terjadi di sekitarnya.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara membandingkan aktivitas dan IQ anak-anak yang belajar seni musik selama 1 tahun dengan anak-anak yang tidak. Dari sini, ditemukan bahwa anak yang belajar musik memiliki peningkatan IQ yang lebih signifikan dibandingkan dengan anak yang tidak.

Joseph Piro dan Camillo Ortiz, penulis penelitian tersebut, mengatakan bahwa anak-anak yang belajar musik juga mengalami peningkatan daya ingat, kemampuan linguistik, dan bahkan kemampuan berhitungnya. Sebab, anak-anak akan terlatih pendengarannya, yang kemudian akan merangsang aktivitas syaraf sensorik dan motorik di dalam korteks otaknya. Hasilnya, nilai akademis anak-anak di sekolah juga ikut meningkat. (Deni Suroyo – sisidunia.com)