Home » Gaya Hidup » Bermain Game Memberikan Manfaat bagi Kelanjutan Fungsi Otak Lanjut Usia

Bermain Game Memberikan Manfaat bagi Kelanjutan Fungsi Otak Lanjut Usia



Jakarta – Meski identik dengan media hiburan untuk anak-anak dan remaja, ternyata video game juga bisa memberikan manfaat kepada orang lanjut usia. Sebuah studi dari University of California, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa bermain video game bermanfaat untuk kelanjutan fungsi otak lansia.
Bermain Game Memberikan Manfaat bagi Kelanjutan Fungsi Otak Lanjut Usia
Disebutkan bahwa memainkan video game yang menantang ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak seseorang. Bila dilakukan oleh lansia yang telah berumur 65 tahun ke atas, bermain video game bisa merangsang otak agar kemampuan berpikirnya tidak cepat melemah, karena otak terus dipacu untuk berpikir selama mereka memainkan game tersebut.


Baca juga

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajaknya Belajar Musik

Dalam studi ini, para peneliti mengharuskan sejumlah lansia untuk bermain video game NeuroRacer secara rutin selama enam bulan. Setelah melewati masa itu, para peneliti menemukan bahwa lansia-lansia tersebut mengalami peningkatan konsentrasi dan daya ingat.
Bermain Game Memberikan Manfaat bagi Kelanjutan Fungsi Otak Lanjut Usia
“Mereka lebih berkonsentrasi dan memiliki ingatan lebih baik, misalnya dalam mengingat nomor telepon,” jelas salah satu peneliti. (Deni Suroyo – sisidunia.com)