Home » Techno » Ambil Alih Youtube, Alphabet Mulai Geser Peran Google di Dunia Maya

Ambil Alih Youtube, Alphabet Mulai Geser Peran Google di Dunia Maya



California – Baru-baru ini dikabarkan bahwa raksasa mesin pencari internet, Google, telah berubah menjadi Alphabet Inc. Perusahaan tersebut resmi mengambil alih kendali atas bisnis mesin pencarian dan advertising Google setelah pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup pada awal bulan Oktober 2015 ini.
Ambil Alih Youtube, Alphabet Mulai Geser Peran Google di Dunia Maya
Alphabet Inc. dikabarkan juga akan mengambil alih pengelolaan dari Google Maps, YouTube, dan sejumlah proyek teknologi lainnya seperti mobil yang berjalan tanpa sopir.

Dilansir dari Saudi Gazette (Sabtu, 17/10/2015), meski seluruh saham Google telah terkonversi menjadi milik Alphabet Inc, simbol ticker mereka di bursa saham Nasdaq tidak ikut berubah.

Perubahan struktural, sebagaimana yang dipublikasikan pada Agustus 2015 lalu, ditujukan untuk memisahkan kegiatan bisnis utama dari perusahaan teknologi tersebut, dengan bisnis-bisnis sampingannya seperti lensa kontak untuk memonitor gula darah, mobil tanpa sopir, dan balon udara yang bisa difungsikan sebagai pemancar sinyal Wi-Fi.

Dari proses pemisahan ini, pada sekitar bulan Januari 2016 mendatang, Alphabet Inc. akan memiliki dua unit laporan keuangan. Satu dari Google, dan satu lagi dari Alphabet secara keseluruhan. (Deni Suroyo – sisidunia.com)