Home » News » Rusia Terjunkan Helikopter Canggih Mi-24 untuk Bombardir ISIS

Rusia Terjunkan Helikopter Canggih Mi-24 untuk Bombardir ISIS



Moskow – Seorang veteran tentara Amerika Serikat (AS) belum lama ini menceritakan tentang helikopter andalan Rusia yang mereka gunakan untuk membombardir kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Suriah. Helikopter tersebut adalah helikopter tempur Mi-24.
Rusia Terjunkan Helikopter Canggih Mi-24 untuk Bombardir ISIS
Seperti dilansir dari Sputnik (Sabtu, 17/10/2015), Mi-24 milik Angkatan Udara (AU) Rusia ini dikenal pula dengan nama “Hind”. Helikopter tempur ini mampu melesat dengan kecepatan 300 km/jam bahkan di ketinggian yang sangat rendah sekalipun.

“Selain memiliki kecepatan yang sangat tinggi, helikopter andalan Rusia itu juga dilengkapi dengan senapan serbu berpeluru 30mm, rudal air to ground, dan kapasitas penumpang yang sangat banyak,” ungkap Christopher Harmer, seorang veteran dari Angkatan Laut AS.


Baca juga

Bentrok dengan Tentara Israel, 5 Warga Palestina Tewas, Ratusan Orang Luka

>Militer Rusia : “ISIS Tidaklah Seberani yang Disangka”

Selain teknologi yang canggih, lanjut Harmer, Mi-24 juga dikendalikan oleh pilot-pilot terlatih dari AU Rusia. Keadaan semacam ini tentunya akan semakin memperbesar bahaya yang ditimbulkan oleh helikopter tempur tersebut.

“Bila Anda melihat helikopter dengan kualitas tinggi serta manuver dan presisi tembakan yang akurat. Maka 100 persen pilot Rusia-lah yang berada di balik kemudi helikopter itu,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sejak Rabu, 30 September 2015 lalu, Rusia telah melancarkan serangan udaranya untuk menghancurkan basis-basis pertahanan ISIS dan kelompok militan oposisi Pemerintah Suriah. Pihak Rusia sangat gencar dalam melakukan serangan ini. Bahkan, AU Rusia mengklaim telah melancarkan 64 kali serangan udara dalam tempo 24 jam saja. (Deni Suroyo – sisidunia.com)