Home » Gaya Hidup » Penting ! Menyimpan Telur di Kulkas Ternyata Berbahaya

Penting ! Menyimpan Telur di Kulkas Ternyata Berbahaya



Jakarta – Menyimpan telur di dalam lemari es merupakan sesuatu yang telah banyak dilakukan di seluruh dunia. Dengan menyimpan telur di dalam lemari pendingin, diharapkan telur bisa menjadi tidak cepat busuk, serta terhindar dari bakteri salmonella.
Penting ! Menyimpan Telur di Kulkas Ternyata Berbahaya
Selain itu, muncul pula anggapan bahwa menyimpan telur di dalam suhu yang dingin dapat mengurangi resiko keracunan karena telur tadi. Selain itu, telur dianggap akan semakin nikmat bila disimpan di dalam lemari es. Meski demikian, telah muncul bantahan dari para ahli yang mengatakan bahwa menyimpan telur di dalam lemari es justru bisa berakibat kurang baik.


Baca juga

Penelitian Mengungkap Kegemaran Selingkuh Bisa Beresiko Serangan Jantung

Mahasiswa Biasanya “Jatuh Miskin” Karena Habiskan Uang Untuk Beli Ini

Alasan yang pertama adalah soal rasa. Ternyata, telur yang disimpan pada suhu ruangan mampu menghasilkan rasa yang lebih nikmat serta lebih mudah dimasak. Pasalnya, telur yang dingin tidak bisa matang sempurna ketika dimasak (telur mata sapi atau omlet) dengan suhu yang sama dengan telur yang disimpain pada suhu ruangan. Akibatnya, telur menjadi undercook (kurnag matang), overcook (kematangan), atau bahkan gosong.

Alasan kedua, ternyata telur yang disimpan di suhu ruangan ternyata memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan telur yang disimpan di lemari es. Bukti ini tentunya berkebalikan dengan pemahaman awam yang mengatakan bahwa makanan yang disimpan di lemari es bisa tidak cepat busuk.

Yang berikutnya, telur yang disimpan di dalam lemari es, kemudian dikeluarkan pada suhu ruangan, justru memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalamnya. Peningkatan pertumbuhan bakteri tersebut terjadi di bagian cangkang yang bisa merembes ke dalam telur. (Deni Suroyo – sisidunia.com)