sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Kondisi Rumit Akan Terjadi Di Papua Jika Kontrak Freeport Tidak Diperpanjang

Kondisi Rumit Akan Terjadi Di Papua Jika Kontrak Freeport Tidak Diperpanjang



Jakarta – Pro dan kontra mengenai perpanjangan izin operasional dari PT Freeport Indonesia yang akan habis pada 2021 tengah mencuat ke permukaan.

Kondisi Rumit Akan Terjadi Di Papua Jika Kontrak Freeport Tidak Diperpanjang

Sebagian pihak meminta pemerintah dengan tegas menolak memberikan izin perpanjangan sementara sebagian lagi ingin agar izin tersebut segera keluar.

Lantas apa yang sebenarnya akan terjadi jika izin operasional tersebut tidak diperpanjang?

“Kalau izin Freeport dihentikan, kemungkinan yang terjadi mereka akan ajukan abritase,” kata Said Didu, Staf Khusus Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), ketika ditemui di kawasan Cikini, Jakarta (Jumat, 16/10/2015).


Baca juga:

Layaknya Megamind, Video Ini Menyebut ISIS dan Al Qaeda adalah Hasil Ciptaan Amerika
Alasan Ahok Tolak Pengajian Di Monas : “Nanti Monas Jadi Mistis”

Selain gugatan arbitrase tersebut, dampak lainnya adalah berhentinya roda perekonomian Papua. Saat ini 94 persen perekonomian disana digerakkan oleh kegiatan pertambangan Freeport.

“Kalau Freeport berhenti apa yang terjadi? Saya penah ke Mimika, ketemu kepala suku dan pemimpin agama, saya bisa menyimpulkan kalau Freeport Indonesia berhenti operasi sebulan saja maka akan terjadi kondisi sangat rumit,” tuturnya. (Yayan – sisidunia.com)