Home » Gaya Hidup » Buah Untuk Si Kecil Sebaiknya Diberikan Utuh atau Dijus?

Buah Untuk Si Kecil Sebaiknya Diberikan Utuh atau Dijus?



Jakarta – Buah adalah salah satu sumber vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh terutama saat masih berusia kanak-kanak. Para orangtua biasanya memberikan anak mereka asupan buah baik dalam bentuk buah segar ataupun diolah menjadi jus.

Buah Untuk Si Kecil Sebaiknya Diberikan Utuh atau Dijus?

Namn sebenarnya lebih baik mana? Dijus atau diberikan segar?

Dental Adviser di British Dental Health Foundation, Karen Coates, menyarakan untuk memberikan sang buah hati buah dalam bentuk utuh ketimbang diolah menjadi makanan atau minuman lain.

Menurut Karen, buah utuh kaya akan serat dan air yang gunanya “membilas” gula yang menempel di gigi.

Buah utuh bisa dijadikan pencuci mulut selesai makan atau sebagai camilan. Pastinya dipotong-potong dulu sebelumnya. Untuk anak, baiknya pilih buah rendah gula seperti stroberi, raspberry, kiwi, semangka, pisang, pepaya, blueberry, peach, atau pir. Daripada buah tinggi gula seperti anggur dan nanas,” kata Karen memberi saran seperti dilansir dari Express (Sabtu, 17/10/205).

Namun Karen tidak melarang seandainya Anda tetap memberikan jus kepada anak dengan maksud sebagai variasi agar anak tidak bosan.

“Hal yang sering dilakukan orang tua adalah membiarkan anak minum terlalu banyak jus buah dan tidak dihabiskan dalam satu waktu. Jangan lupa pula ketika menjadikan buah jus, jangan disaring supaya anak tetap mendapat manfaat serat dari buah yang dikonsumsi,” tutur Karen. (Yayan – sisidunia.com)