Home » Travel & Kuliner » Tips Memasak Ikan : Cukup 16-19 Menit

Tips Memasak Ikan : Cukup 16-19 Menit



Jakarta – Teknik memasak ikan jelas berbeda dengan memasak ayam yang harus sampai matang. Justru ikan tidak boleh dimasak terlalu lama. Kenapa demikian?

Tips Memasak Ikan : Cukup 16-19 Menit

Chef Uthe, Executive Chef di Restoran The Hook Jakarta mengatakan, ikan, semisal ikan kerapu tidak boleh dimasak terlalu lama karena dagingnya akan hancur. “Ikan tidak boleh terlalu lama dimasak, karena tekstur lembut si daging justru akan jadi hancur,” jelasnya ketika ditemui dalam sebuah kesempatan di Jakarta.

Ikan kerapu lebih cocok diolah dengan teknik dikukus karena daging ikan tersebut akan terasa lebih lembut. Teknik pengolahan ini juga tidak boleh memakan waktu lama. Ada waktu yang pas untuk membuat rasa dan tekstur daging ikan kerapu menghasilkan santapan yang lezat dan berkualitas.

“Waktu ideal untuk masak kerapu biasanya 16 sampai 19 menit. Ini sudah sangat pas, teksturnya kenyal dan lembut,” jelas chef yang lahir dan besar di Maluku ini.

Demikian pula penanganannya jika ikan diolah menggunakan teknik lain, baik itu dibakar ataupun digoreng.

“Sebaiknya ikan jangan digoreng karena kandungan lemak baiknya akan lebih banyak hilang atau rusak karena suhu yang terlalu panas,” tutup Chef Uthe. (Yayan – sisidunia.com)