Home » Gaya Hidup » Penelitian Mengungkap Batu Ginjal Bisa Rontok Hanya Dengan Rutin Bercinta

Penelitian Mengungkap Batu Ginjal Bisa Rontok Hanya Dengan Rutin Bercinta



Ankara – Penelitian baru-baru ini mengungkapkan jika rutin berhubungan seks ternyata bisa meluruhkan batu ginjal.

Penelitian Mengungkap Batu Ginjal Bisa Rontok Hanya Dengan Rutin Bercinta

Aktivitas seks tersebut harus dilakukan secara teratur setidaknya 2 hari sekali. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Urology.

Eksperimen yang dilakukan di Ankara Training Research Hospital tersebut bahkan menunjukkan jika melakukan hubungan seks lebih manjur daripada penggunaan obat-obatan.

Penelitian melibatkan 75 peserta yang dibedakan dalam 3 kelompok. Kelompok yang perama melakukan hubungan seks 3-4 kali sepekan, sementara kelompok kedua mengonsumsi tamsulosin yakni sebuah obat untuk melancarkan kencing pada pasien perbesaran prostat. Kelompok terakhir, sebagai kelompok kontrol mendapat pengobatan standar pada batu ginjalnya.


Baca juga:

Hati-hati, Kesepian Bisa Membuat Orang Depresi Hingga Kecanduan
Anak Yang Lahir Bulan Juni Hingga Agustus Ternyata Memiliki Kelebihan Khusus

Hasil penelitian menunjukkan 26 dari 31 peserta dari kelompok pertama mengalami peluruhan batu ginjal. Angka ini cukup memuaskan jika dibandingkan dengan kelompok kedua, yang hanya 10 dari 21 partisipan yang mendapat efek yang sama. Sedangkan pada kelompok kontrol, hanya 8 dari total 23 peserta yang mengalami peluruhan batu ginjal.

“Temuan kami mengindikasikan bahwa pasien dengan batu ginjal distal-ureteral berukuran kurang dari 6 mm, dan punya pasangan seks, perlu dianjurkan untuk berhubungan seks 3-4 kali sehari untuk meningkatkan peluang luruhnya batu,” tulis para peneliti dalam laporan ilmiahnya seperti dilansir dari Dailymail (Kamis, 15/10/2015). (Yayan – sisidunia.com)