Home » Travel & Kuliner » Melihat Lebih Dekat Kemegahan Masjid Marcani, Masjid Tertua di Rusia

Melihat Lebih Dekat Kemegahan Masjid Marcani, Masjid Tertua di Rusia



Kazan – Sejarah perkembangan Islam di penjuru dunia selalu menarik untuk dibahas. Di Rusia, Islam mulai berkembang sejak abad ke-16. Perkembangannya makin meluas di sekitar abad ke-18 dan 19, tepatnya ketika orang-orang Circassia, Chechen, Dagestan, dan Ingush mulai masuk ke wilayah Rusia.

Melihat Lebih Dekat Kemegahan Masjid Marcani, Masjid Tertua Di Rusia

Jejak-jejak awal perkembangan muslim di Rusia dapat ditelaah lewat sejumlah bangunan masjid yang umurnya telah ratusan tahun. Walaupun sebagian besar masjid dan peninggalan Islam sempat dihancurkan saat komunis meraja rela, toh kini Islam kembali berkembang. Bahkan kini tercatat ada sekitar 4.750 masjid yang tersebar di berbagai wilayah di Rusia.

Kali ini SisiDunia akan membahas salah satu masjid tertua yang menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Rusia, yakni Masjid Marcari yang terletak di wilayah Kota Kazan.

Masjid Marcani

Masjid yang kerap disebut dengan Masjid Al-Marjani ini berada di Kazan, dibangun sekitar tahun 1766-1770 dan merupakan masjid tertua di kota ini.

Masjid ini memiliki dua lantai dan dua ruangan utama, dengan interior bergaya Baroque Petersburg. Setelah berdiri pada 1770, masjid ini beberapa kali direnovasi, seperti pada tahun 1861 dan 1863 ketika pedagang Yunisovs membangun tangga, perpanjangan mihrab dan penambahan jendela baru.

Karena tingginya keterlibatan pedagang Yunisovs, masjid ini sempat disebut sebagai Masjid Yunisovs di masanya. Renovasi besar-besaran juga sempat terjadi di tahun 1885 oleh seorang saudagar kaya bernama Z Gosmanov. (Rani Soraya – sisidunia.com)