sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Kesepian Bisa Membuat Orang Depresi Hingga Kecanduan

Hati-hati, Kesepian Bisa Membuat Orang Depresi Hingga Kecanduan



Jakarta – Merasa sendiri atau kesepian tidak boleh dianggap hal sepele. Hal ini bisa berdampak serius pada kesehatan jiwa Anda.

Hati-hati, Kesepian Bisa Membuat Orang Depresi Hingga Kecanduan

Interaksi dengan manusia lain merupakan salah satu kebutuhan dasar kita sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu, perasaan kesepian bisa jadi merupakan awal dari diagnosa gangguan kesehatan menta.

Seperti dilansir dari yourtango (Kamis, 15/10/2015), ada empat macam gangguan kesehatan mental yang kemungkinan muncul ataupun diperburuk oleh perasaan kesepian.

Yang pertama adalah depresi. Depresi timbul akibat seseorang yang merasa tidak memiliki hubunga persahabatan dalam hidup. Anda akan dikuasai oleh rasa tidak nyaman saat merasa kesepian.

Kecemasan sosial adalah gangguan kesehatan mental yang berikutnya. Orang yang mengidap gangguan ini akan merasa tidak nyaman atau bahkan takut saat meninggalkan rumah.


Baca juga:

Ladies, Inilah Pilihan Busana Off Shoulder Yang Cocok Untuk Hang Out
Pasangan yang Menikah di Usia 28-32 Tahun Tidak Beresiko Berakhir dengan Perceraian

Gangguan ketiga adalah kecanduan obat-obatan terlarang. Berikut kutipan dari buku yang berjudul “Chasing the Scream: The First and Last Days of the War on Drugs”:

“Jika kita tidak dapat terhubung satu sama lain, kita akan terhubung dengan apa pun yang kita temukan, deru dari roda rolet atau tusukan jarum suntik. Kita harus berhenti berbicara sama sekali tentang ‘kecanduan’, dan menyebutnya ‘ikatan.’ Pecandu heroin telah terikat dengan heroin karena dia tidak punya ikatan sepenuhnya pada apa pun. Jadi kebalikan dari kecanduan bukanlah ketenangan. Ini adalah hubungan manusia.”

Gangguan mental terakhir adalah hoarding. Hoarding merupakan kegiatan menimbun sampah atau barang-barang tidak berguna. Kebiasaan tersebut dikategorikan dalam sejenis penyakit mental yang disebut Obsessive Compulsive Disorder (OCD). (Yayan – sisidunia.com)