Home » Gaya Hidup » Inilah Kode Yang Dipakai Pejabat Jika Ingin Pesan Pelacur

Inilah Kode Yang Dipakai Pejabat Jika Ingin Pesan Pelacur



Jakarta – Soe Hok Gie terkenal dengan sikap kritisnya ketika menentang kelakuan para perjabat yang korup.

Inilah Kode Yang Dipakai Pejabat Jika Ingin Pesan Pelacur

Tulisan-tulisannya yang tajam kerap menyerang mereka yang dianggap Gie suka menghambur-hamburkan uang rakyat demi kesenangan pribadi.

Pada sebuah kesempatan di bulan Oktober 1968 hingga Januari 1969, Gie mengunjungi Amerika Serikat (AS). Dirinya diundang oleh Departemen Luar Negeri AS, untuk melihat beberapa kampus terkemuka di sana.

Gie pun sempat bertatap muka dengan para mahasiswa Indonesia yang tengah menjalani studi di AS. Ada fakta menarik yang dikisahkan para mahasiswa itu. Ternyata pejabat Indonesia sangat senang mengencani pelacur ketika berkunjung ke AS. Kode untuk menyewa pelacur bule AS adalah ‘naik kuda putih’.

Gie kemudian menuliskan kelakuan miring para pejabat Indonesia itu dalam sebuah artikel mengenai orang-orang Indonesia  di Amerika Serikat yang diterbitkan di harian Sinar Harapan (13/3/1969).

“Permintaan saya pada para pembaca, kalau sekiranya pergi ke AS atau Eropa Barat supaya menghubungi mahasiswa-mahasiswa di sana. Mereka masih muda, senang guyon dan mau cerita terus terang. Coba tanyakan kelakuan-kelakuan pemimpin-pemimpin kita di luar negeri, tingkah laku pejabat-pejabat kedutaan besar Indonesia di sana. Lalu tanyakan berapa gaji mereka dan apa yang telah mereka lakukan di sana. Hasilnya bisa bikin sakit perut,” tulis Gie.