sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Anak yang Kurang Tidur Akan Terganggu Kesehatan Fisik Maupun Mental

Anak yang Kurang Tidur Akan Terganggu Kesehatan Fisik Maupun Mental



Jakarta – Anak-anak, utamanya yang masih berada di usia sekolah, wajib memiliki jam tidur yang mencukupi. Mereka memiliki jam tidur yang tentunya lebih panjang dibandingkan dengan orang dewasa.
Anak yang Kurang Tidur Akan Terganggu Kesehatan Fisik Maupun Mental
Jika orang dewasa memiliki jam tidur ideal 7 sampai 8 jam dalam sehari, maka anak-anak wajib memperoleh jam tidur 10 hingga 11 jam dalam sehari. Bagi anak-anak, tidur yang cukup dapat mendukung kesehatannya secara fisik maupun mental.

Saat terlelap, otak dan tubuh anak-anak justru sedang bekerja untuk mempersiapkan tugas dan pertumbuhannya agar bisa mendukung aktivitasnya di keesokan hari. Kebutuhan tidur ini tidak hanya diperlukan pada weekday dimana anak-anak sedang bersekolah, namun juga saat weekend atau ketika mereka sedang libur sekolah.


Baca juga

Ada Zat Kimia yang Keluar Dalam Tubuh Manusia Ketika Jatuh Cinta

Video Ekspresi Lucu Bocah Bule Saat Ditantang Makan Durian Yang Baginya Aneh

Untuk secara konsisten memperoleh waktu tidur yang ideal, orang tua bisa mengajarkan kebiasaan- kebiasaan tertentu kepada buah hatinya. Bila jam tidur mereka sudah dekat, misalnya 15-30 menit, anak bisa dibiasakan untuk melakukan “ritual” menuju tidur, seperti berganti pakaian tidur/piyama, menggosok gigi, atau bahkan mulai membacakan buku cerita.

Jika si kecil senang menonton televisi sebelum tidur, anda harus tegas dan mematikan televisi minimal 30 menit sebelum jam tidurnya. Hal serupa juga perlu dilakukan bila ia sedang bermain video game ataupun bermain gadget.

Orang tua juga dihimbau untuk tidak memberikan makanan atau minuman manis kepada si kecil sebelum tidurnya. Makanan atau minuman manis ini justru akan membuat tubuh anak menjadi lebih aktif dan susah untuk tidur.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dilatih sejak ia masih kecil. Selain menyuruhnya melakukan hal-hal tersebut, anda sebagai orang tua juga harus menunjukkan disiplin diri yang serupa dengan anak-anak. Sehingga, ada sosok teladan baik yang bisa ditiru oleh buah hati anda. (Deni Suroyo – sisidunia.com)