Home » News » 3500 Tahun yang Lalu, Wanita di Zaman Perunggu Telah Mengenal Rok Mini

3500 Tahun yang Lalu, Wanita di Zaman Perunggu Telah Mengenal Rok Mini



Beijing – Ternyata, busana rok mini telah dikenal manusia sejak zaman lampau, bahkan sebelum Masehi. Temuan ini disampaikan oleh Stevan Harrell, melalui Encounters Culture in Frontiers Ethnics of China.
3500 Tahun yang Lalu, Wanita di Zaman Perunggu Telah Mengenal Rok Mini
Harrell mengatakan bahwa rok mini tersebut merupakan pakaian yang digunakan oleh wanita penduduk Duan Qun Miao, Tiongkok. Arti dari nama suku ini kurang lebih adalah “rok pendek Miao”. Nama yang terdengar sangat genit.

Lebih jauh, Harrell mengatakan bahwa rok yang digunakan wanita dari suku tersebut benar-benar mini. Pasalnya, rok mini tersebut hampir memperlihatkan bagian pantat dari wanita Duan Qun Miao. Kurang lebih serupa dengan model-model fashion “terbuka” masa kini.

Meski suku Duan Qun Miao disebut sebagai suku yang pertama kali memperkenalkan rok mini, perempuan yang pertama kali mengenakan “pakaian kurang kain” tersebut bukan berasal dari Tiongkok, melainkan dari sekitar Eropa Utara. Dia adalah seorang Gadis Egtved, yang merupakan nenek moyang dari bangsa Nordik.

Wanita ini diperkirakan hidup pada tahun 1390-1370 sebelum Masehi. Fakta ini terkuak melalui penemuan mumi wanita yang berasal dari Zaman Perunggu, di daerah Egtved, Denmark, pada tahun 1921.

Gadis Egtved diperkirakan berasal dari masyarakat yang berkasta tinggi. Usianya ketika meninggal diperkirakan sekitar 16 sampai 18 tahun. (Deni Suroyo – sisidunia.com)