Home » Gaya Hidup » Inilah Beberapa Cara Mahasiswa Memperoleh Tambahan Uang Saku

Inilah Beberapa Cara Mahasiswa Memperoleh Tambahan Uang Saku



Jakarta – Sebagai mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan, tentunya uang saku atau uang kiriman dari orang tua merupakan sumber pendapatan satu-satunya yang mereka miliki. Dan bagi mahasiswa yang keluarganya berasal dari tingkat ekonomi menengah, tentunya uang kiriman tersebut selalu pas-pasan tiap bulannya.
Inilah Beberapa Cara Mahasiswa Memperoleh Tambahan Uang Saku
Meski demikian, banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menghasilkan uang tambahan. Bahkan, jika uang yang dihasilkan tersebut cukup besar, tentunya tak perlu lagi harus menunggu kiriman dari orang tua di rumah. Dengan begini, orang tua pun menjadi terbantu dan tentunya sangat bangga kepada anaknya.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memperoleh uang tambahan antara lain:

1. Magang

Beberapa kesempatan magang yang dibuka oleh suatu perusahaan kerap kali menawarkan gaji kepada mahasiswa. Gaji ini tentunya bisa digunakan untuk menambah uang saku yang pas-pasan, selain juga menambah pengalaman kerja.

Meski demikian, atur waktu sebaik-baiknya agar pekerjaan tersebut tidak mengganggu proses perkuliahan atau menghambat pengerjaan skripsi.

2. Part-Time

Kerja paruh waktu atau disebut juga part-time banyak sekali dibuka untuk mahasiswa. Kerja semacam ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang sehingga mahasiswa tidak hanya menghabiskan waktu senggangnya untuk tidur atau bermain-main.

3. Jadi Asisten Dosen (Asdos)

Menjadi asdos juga bisa digunakan sebagai peluang memperoleh penghasilan. Selain mendekatkan diri kepada dosen, memperluas pengetahuan, dan menambah pengalaman, tentunya dosen anda juga akan memberikan sejumlah uang atas pekerjaan yang anda lakukan untuknya.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, tentunya IP dan kemampuan dalam mata kuliah tertentu menjadi pertimbangan utama bagi dosen untuk merekrut anda.

4. Membuat Usaha

Membuat usaha kecil-kecilan juga bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mengumpulkan rupiah. Lakukan usaha tersebut bersama dengan teman-teman di sela-sela kesibukan kuliah. Jadikan lingkungan kampus sebagai target pasar, dengan promosi di media sosial, chatting, ataupun mulut ke mulut.

Selamat mencoba.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)