Home » Ekonomi & Bisnis » Bos Djarum Masuk dalam Deretan 50 Orang Terkaya Asia 2015

Bos Djarum Masuk dalam Deretan 50 Orang Terkaya Asia 2015



Jakarta – Belum lama ini, beredar kabar yang mengatakan bahwa bos PT Djarum, Robert Budi Hartono, masuk ke dalam deretan 50 orang terkaya se-Asia di tahun 2015 ini. Laporan tersebut dirilis oleh sebuah badan riset bernama Capgemini and Wealth Management.
Bos Djarum Masuk dalam Deretan 50 Orang Terkaya Asia 2015
Disebutkan bahwa keluarga Hartono memiliki kekayaan total sebesar USD 12,7 miliar. Keluarga pengusaha asal Kudus, Jawa Tengah, ini masuk ke dalam peringkat ke 12 orang terkaya se-asia pada tahun ini.

Lantas, siapa sebenarnya sososk RObert Budi Hartono ini?

Robert Budi Hartono memiliki nama asli, Oei Hwie Tjhong. Ia merupakan warga Kudus keturunan Tionghoa yang lahir pada tahun 1941. Robert memiliki kakak yang bernama Michael Bambang Hartono, atau yang nama aslinya adalah Oei Hwie Siang. Keduanya adalah anak dari pendiri PT Djarum, Oei Wie Gwan.

Kisah kedua miliarder bersaudara ini dimulai ketika sang ayah membeli perusahaan roko kretek kecil bernama Djarum Gramophon di tahun 1951. Wie Gwan kemudian mengubah namanya menjadi Djarum saja.

Di bawah pengelolaan kedua puteranya, Djarum menjadi begitu maju di tahu 1972. Bahkan, perusahaan ini sudah banyak mengekspor produk rokoknya ke luar negeri.

Djarum Group pun melebarkan sayap ke sejumlah sektor seperti agrobisnis, properti, elektronik, multimedia, hingga perbankan. Dari sinilah kemudian Imperium Bisnis, yang dibangun dari sebuah usaha kecil di tahun 1951, tersebut terus berkembang dan menjadi raksasa seperti sekarang ini. (Deni Suroyo – sisidunia.com)