Home » Gaya Hidup » Ada Jasa Jenderal AH Nasution dalam Kemenangan Vietnam atas Amerika

Ada Jasa Jenderal AH Nasution dalam Kemenangan Vietnam atas Amerika



Jakarta – Berdasarkan catatan sejarah, Perang Vietnam berlangsung selama delapan tahun, yakni sejak tahun 1965 sampai 1973.. Di akhir perang ini, tentara Amerika Serikat (AS) harus menarik diri dari Vietnam dengan kekalahan. Dengan segala dana dan upayanya, AS gagal mengalahkan gerilyawan Vietkong dan North Vietnam Army (NVA).
Ada Jasa Jenderal AH Nasution dalam Kemenangan Vietnam atas Amerika
Lebih jauh, data menunjukkan bahwa 58.000 orang tentara AS terbunuh dalam perang tersebut. 1.000 orang lainnya dinyatakan hilang, dan 150.000 ribu mengalami luka-luka. Selain itu, miliaran dolar sudah terkucurkan untuk membiayai perang tersebut.

Setelah ditelusuri, salah satu faktor yang mendukung kemenangan Vietkong dan NVA dalam menghadapi pasukan AS adalah karena adanya jasa dari Jenderal Indonesia, AH Nasution. Bagaimana bisa demikian?

Vietkong dan NVA diketahui meniru strategi perang gerilya Indonesia yang berlangsung pada tahun 1946 sampai 1949, tepatnya untuk menghadapi agresi militer Belanda setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Siasat perang gerilya TNI ini kemudian diadaptasi oleh Vietkong.

Dikisahkan bahwa para komandan Vietkong sempat membaca dan mempelajari baik-baik buku berjudul “Pokok-pokok Perang Gerilya”, yang ditulis oleh Jenderal AH Nasution. Tentunya taktik ini lebih efektif digunakan untuk melawan tentara AS daripada strategi perang frontal yang sangat-sangat merugikan Vietkong dari berbagai aspek.

Adapun di dalam buku “Pokok-pokok Perang Gerilya” tersebut, juga dijelaskan secara terperinci mengenai strategi perang gerilya, tantangan terberat yang harus dilewati oleh gerilyawan, sampai dengan langkah-langkah pembentukan pemerintahan darurat gerilya. Buku inipun kemudian diakui sebagai buku strategi militer gerilya terbaik di dunia sepanjang sejarah. Sejumlah negara, termasuk AS, pada akhirnya juga mempelajari buku tersebut. (Deni Suroyo – sisidunia.com)