sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Peternakan Sapi Di Indonesia Masih Kalah Jauh Dibanding Australia

Peternakan Sapi Di Indonesia Masih Kalah Jauh Dibanding Australia



Padang Mengatas – Mungkin beberapa dari anda tidak mengetahui bahwa peternakan berbasis padang rumput terbesar di Indonesia berlokasi di Padang Mengatas, Sumatera Barat. Peternakan ini mampu menampung 1.250 ekor sapi yang dilepas di area padang rumput seluas 280 hektar.
Peternakan Sapi Di Indonesia Masih Kalah Jauh Dibanding Australia
Bila melihat besaran wilayahnya, tentunya kita akan berpikir betapa luas peternakan tersebut. Meski demikian, ternyata bila dibandingkan dengan peternakan serupa (berbasis padang rumput) di Australia, luas peternakan Padang Mengatas ini masih kalah jauh.

Australia memang merupakan salah satu negara pemasok daging sapi terbesar di dunia, dengan luasan wilayah peternakan yang juga terluas. Peternakan berbasis padang rumput terluas di Negeri Kanguru ini bernama Anna Creek, yang berada di negara bagian Australia Selatan.

Anna Creek memiliki luas wilayah sebesar 23.677 km persegi atau 2.367.700 hektar. Bila dihitung-hitung, luas wilayah peetrnakan ini setara dengan 2/3 luas Pulau Sumatera. benar-benar masif.


Baca juga

Harga Rumah Semakin Mahal, Pemerintah Siapkan Kebijakan

Pemilik Anna Creek adalah keluarga S. Kidman & Co, yang mendapatkan julukan sebagai “Raja Sapi”. Kawasan yanng dibangun pada tahun 1899 ini pada tahun 2012 lalu tercatat memiliki 17.000 ekor sapi.

Gaya pengelolaan yang diterapkan di peternakan ini pun nampak seperti gaya koboi, dimana sapi-sapi dilepaskan berkeliaran di padang rumput dan digembalakan oleh para pekerjanya dengan menunggang kuda. Selain lahan peternakan yang sangat luas itu, Anna Creek juga memiliki fasilitas nomor wahid. Terdapat mes untuk karyawan, helipad, truk-truk pengangkut sapi dan akomodasi lainnya, serta beberapa fasilitas pelengkap.
Peternakan Sapi Di Indonesia Masih Kalah Jauh Dibanding Australia
Foto dari udara memperlihatkan pemandangan yang amat berbeda dengan peternakan di Padang Mengatas. Bukannya pemandangan padang rumput hijau yang nampak, melainkan padang gersang dengan keadaan rumput yang sudah menguning. Meski demikian, peternakan ini bisa menggemukkan sapi jenis Brahman dan Charbais dengan cara dilepas bebas untuk mencari makan sendiri. (Deni Suroyo – sisidunia.com)