sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Mengapa Kebanyakan Warung Seafood Menggunakan Angka Sebagai Nama?

Mengapa Kebanyakan Warung Seafood Menggunakan Angka Sebagai Nama?



Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman, gerai warung yang menyajikan makanan laut atau seafood telah tumbuh begitu banyak di seluruh wilayah di Indonesia. Namun demikian, mungkin anda tidak menyadari bahwa warung-warung seafood tersebut selalu menggunakan kombinasi angka-angka untuk namanya.
Mengapa Kebanyakan Warung Seafood Menggunakan Angka Sebagai Nama?
Kombinasi angka tersebut biasa dipadukan dengan beberapa nama, misalnya nama pemilik warung seperti Pak Gendut, Pak Jenggot, dan lain-lain, atau juga istilah-istilah seperti Sederhana, Sudi Mampir, dan sejenisnya.

Lalu muncul pertanyaan, apa makna di balik angka-angka tersebut?

Salah seorang pengelola warung seafood di kawasan kuliner Pecenongan, Athai, mengatakan bahwa nama warungnya, yakni Seafood 99 Pecenongan, sudah ada sejak lama. Athai pun tak begitu tahu mengapa angka 99 dipilih untuk menjadi nama dari warung yang sudah ada sejak tahun 1972 tersebut.

“Karena saya generasi ketiga, saya tak begitu tahu sejarahnya hingga angka 99 dipilih untuk gerai seafood ini. Tapi, menurut orang tua saya, angka 99 itu mengandung makna angka terbesar dan angka kembar, yang dalam filosofi China berarti hal baik dan kemakmuran,” ujar Athai.

Memang sudah awam diketahui bahwa faktor hoki atau keberuntungan menjadi hal yang dipertimbangkan dalam memilih nama warung tersebut. Sesuai dengan budaya China, angka besar seperti 8 dan 9 memiliki makna yang baik dan dipercaya mendatangkan rejeki.

“Tujuan dari nama tersebut sebenarnya tak jauh-jauh dari harapan rejeki dan kemakmuran dengan membuka tempat makan ini. Dan karena saya ingin mempertahankan semua hal dari tempat ini, namanya pun tak saya ubah. Orang-orang juga terlanjur tahu nama tempat ini Seafood 99,” imbuh Athai. (Deni Suroyo – sisidunia.com)