Home » News » Memalukan, Video Oknum PNS Kecamatan Minta Uang Pelicin Agar Urusan Cepat Selesai

Memalukan, Video Oknum PNS Kecamatan Minta Uang Pelicin Agar Urusan Cepat Selesai



Jakarta – Kegiatan suap-menyuap tampaknya masih menjadi satu kegiatan yang lumrah terjadi di Indonesia. Meskipun kampanye anti korupsi telah didengungkan hampir setiap saat di seluruh wilayah Nusantara, kebiasaan buruk dan menjurus pada tindak pidana ini masih kerap ditemukan.
Memalukan, Video Oknum PNS Kecamatan Minta Uang Pelicin Agar Urusan Cepat Selesai
Setelah sebelumnya publik dikejutkan dengan rekaman oknum polisi yang meminta suap kepada supir truk, kini beredar lagi rekaman video yang menunjukkan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang meminta suap kepada seorang warga. Video tersebut pertama kali diunggah ke media sosial Facebook oleh akun Tabloid Morality, sebuah akun yang memang kerap membahas mengenai bagaimana kinerja aparatur negara.

Dalam video tersebut, tampak seorang ibu-ibu yang memakai seragam pemerintah. Ibu ini sedang menjelaskan secara panjang lebar tentang bagaimana kebiasaan di kantor tersebut bila hendak mengurus surat-surat. Menurut si ibu, untuk memperoleh tanda tangan camat, orang yang berkepentingan terlebih dahulu harus menyetorkan sejumlah uang.


Baca juga

Senjata Tentara Israel di Gaza Kembali Memakan Korban Tewas 6 Warga Palestina

Tiga Warga Palestina Mengalami Luka Setelah Ditikam oleh Pria Israel di Depan Umum

Video ini direkam secara diam-diam oleh seseorang yang sedang mengurusi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), di sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Sulawesi. Tak disebutkan dengan detail dimana lokasi video tersebut diambil.

“Berkas disimpan, uang pun disimpan,” tegas ibu tersebut.

Tak tanggung-tanggung, setelah di negosiasi, uang setoran yang harus dibayarkan untuk tanda tangan Camat tersebut adalah sebesar Rp 2 juta per tanda tangan. Ketika ditanyakan apakah urusan tanda tangan ini akan cepat selesai setelah diberi bayaran, ibu tersebut kembali berseloroh dengan mengatakan bahwa Pak Camat tidak akan tanda tangan jika tidak ada uang.

Untuk lebih jelasnya, simak tautan berikut ini.

https://www.facebook.com/100008632780635/videos/1498560480441697/

(Deni Suroyo – sisidunia.com)